10 Pelajaran Sukses dari Henry Ford

Jakarta – Henry Ford adalah salah satu pengusaha paling terkenal sepanjang masa. Industrialis Amerika dan pendiri Ford Motor Company, pandangan ke depannya merevolusi industri transportasi dan memungkinkan banyak orang untuk membeli mobil pertama mereka.

Ford sangat tertarik pada mekanik sejak usia muda, saat dia membongkar dan memasang kembali jam saku pada usia 15 tahun yang diberikan ayahnya kepadanya.

Ford memulai eksperimen pribadinya pada mesin bensin yang merupakan awal dari kerajaan Fordnya yang luas. Dan kekayaan bersihnya, seperti Forbes pada 2008, adalah $ 188,1 miliar yang sejuk. Dari bertahannya Depresi Besar untuk menghadapi tingkat turnover yang tinggi di pabriknya, Henry Ford harus mengalami beberapa kegagalan sehingga semua menambah kesuksesan bersejarah yang luar biasa.

Bagian yang terbaik adalah jika Anda memerlukan bantuan untuk mengatasi hambatan hari ini, banyak pelajaran hidupnya masih berlaku sampai abad ke-21.

Inilah 10 pelajaran sukses dari Henry Ford – “Rags to Riches” bagi para pengusaha,

1. Carilah Nasihat Dari Orang Lain
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan Henry Ford tidak mendengarkan beberapa penasihatnya yang paling tepercaya. Banyak orang, termasuk anaknya, memperingatkannya tentang meningkatnya popularitas mobil lain, namun Henry Ford tidak beradaptasi dengan baik terhadap perubahan ini.

Menjelang akhir hayatnya, meski ia adalah orang kaya, Ford Motor Company berada di urutan ketiga dan bukan yang pertama di industri otomotif.

Perusahaannya tentu saja tidak kehilangan prestise yang dimilikinya pada masa-masa sebelumnya, namun Pak Ford terus melakukan inovasi, dia bisa menjadi pemimpin di industri ini.

2. Siapa Pun Yang Berhenti Belajar Sudah Tua
Pikiran adalah hal yang mengerikan untuk disia-siakan. Selama tahun-tahun perkembangan kita, kita harus berkonsentrasi pada pembelajaran yang membawa kita untuk berpikir. Dan begitu kita telah belajar untuk berpikir bahwa kita tidak boleh kehilangan kemampuan itu.

Pembelajaran seumur hidup terus-menerus, baik dari keberhasilan dan kekalahan, tidak hanya mendorong kesuksesan tapi juga membuat kita awet muda. Hari ini, kita dapat secara dramatis meningkatkan basis pengetahuan dari mana kita belajar dari banyak teman dan pengikut yang telah berbagi pengalaman serupa. Ini adalah pendidikan tanpa biaya tapi penuh dengan nilai.

3. Buat Untuk Semua Orang
Banyak pembisnis sukses telah membuat kekayaan mereka katering untuk orang kaya, namun Henry Ford menciptakan produk yang menarik perhatian semua orang.

Dia bahkan menaikkan gaji pekerja pabriknya sampai pada titik di mana mereka benar-benar bisa membeli mobil yang mereka buat. Hal ini menyebabkan turunnya tingkat turnover yang melanda Ford Motor Company di tahun-tahun awal.

4. “Apakah Anda Pikir Bisa Atau Anda Pikir Anda Tidak Bisa”
Sudah lama dipercaya bahwa semua kesuksesan sebenarnya dimulai di dalam pikiran. Sebenarnya, secara umum diterima bahwa baik kesuksesan maupun kegagalan terjadi pertama kali di dalam pikiran kita sebelum mereka menampilkan dirinya dalam kenyataan.

Henry Ford sangat percaya pada prinsip ini dan hidup dengannya selama kehidupan bisnis sehari-harinya. Kebanyakan pria dan wanita hebat mengerti bahwa apa pun pandangan yang Anda miliki tentang diri Anda dalam pikiran Anda akan mewujudkan dirinya dalam kenyataan.

Jadi, tujuan pertama dalam usaha yang sukses adalah berkomitmen secara mental terhadap kesuksesan itu membuat catatan dalam benak Anda yang hampir akan menjamin hasil empiris yang positif.

5. Berinvestasi Dalam Apa Yang Berhasil
Apa yang membuat Henry Ford begitu sukses adalah dia mengambil ide bisnisnya dan membuatnya lebih besar. Seandainya dia tinggal dengan pabrik kecil aslinya, dia tidak akan menjadi ikon bisnis yang kita kenal sekarang.

Setiap kali dia ingin memperbaiki perusahaannya, dia berinvestasi di pabrik yang jauh lebih besar untuk menghasilkan lebih banyak produk.

Dia bahkan melakukan diversifikasi dan mulai menawarkan lebih banyak layanan daripada sekedar mobil. Meskipun semua perubahan ini sangat intensif biaya, Henry Ford bersedia mengambil risiko dan berinvestasi dalam hal yang berhasil.

6. “Kegagalan Hanyalah Sebuah Kesempatan Untuk Memulai Lagi, Kali Ini Lebih Cerdas”
Hal terbaik tentang kegagalan adalah bahwa hal itu pasti. Kegagalan adalah mutlak. Begitu itu terjadi, kita bebas membiarkannya dan sekali lagi tampil dengan pandangan segar. Media sosial menyediakan ‘mitra’ yang bertanggung jawab yang akan mendorong kita untuk membersihkan diri saat terjadi kegagalan dan maju mengikuti pelajaran yang telah kita pelajari.

7. Miliki Semangat Untuk Apa Yang Anda Lakukan
Jika Anda tidak memiliki antusiasme untuk pekerjaan Anda, maka saatnya untuk mencari pekerjaan baru! Meskipun Anda tidak akan memiliki hari kerja yang sempurna setiap hari, memiliki hasrat akan apa yang Anda lakukan akan membuat segalanya lebih bermanfaat.

Mungkin perlu beberapa saat untuk menemukan gairah ini, tapi pelajaran hidup Henry Ford menunjukkan bahwa mereka patut diperjuangkan.

8. Ada Yang Mungkin
Henry Ford menunjukkan kepada dunia bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Dia membangun sebuah perusahaan ikonik dari bawah ke atas, menjalankannya sendiri, membeli investor, dan membuatnya lebih besar dan lebih baik setiap tahun.

Dia melakukan penelitiannya, belajar dari pemilik bisnis hebat yang menggunakan lini perakitan, dan menyesuaikannya agar sesuai dengan produknya.

Dia adalah seorang inovator dan seseorang yang memperjuangkan pertumbuhan pribadi. Dia memperlakukan karyawannya dengan baik dan menaikkan gaji mereka.

Dia mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Seperti orang lain, dia tidak sempurna, tapi ceritanya menawarkan beberapa pelajaran hidup yang masih bisa digunakan sampai hari ini.

9. Selalu Menghasilkan Karya Berkualitas Tinggi
Henry Ford pernah berkata, ‘Kualitas berarti melakukannya dengan benar saat tidak ada yang melihat’ dan itu benar benar. Kita semua harus selalu menjadi yang terbaik sepanjang waktu, tidak hanya saat atasan kita sedang menonton atau orang tua kita menonton.

Menciptakan kebiasaan baik dan berkembang menjadi orang baik jauh lebih penting daripada melangkah maju melalui metode yang tidak etis.

10. “Jangan Menemukan Kesalahan Temukan Obatnya”
Sangat mudah menyalahkan orang lain atau menunjukkan pada orang lain atas kesalahan Anda. Namun, salah satu keterampilan paling integral yang dapat Anda pelajari dalam hidup adalah bertanggung jawab atas tindakan Anda.

Lebih baik lagi, ambillah satu langkah lebih jauh dan temukan solusi untuk masalah ini. Ini akan menjamin kesuksesan Anda dalam hidup.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya Di tahun 2017? Download Sekarang Juga “61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki” seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download.

(ang/ang)

Copyright : detik.com