100 rumah di Langkat terendam banjir

Langkat, Sumut (ANTARA News) – Sebanyak 100 rumah yang berada di Desa Harapan Baru, Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terendam banjir setinggi 50 Cm hingga 150 Cm diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi melanda kawasan itu.

“Benar banjir melanda dua desa yang ada di kecamatan Sei Lepan,” kata Kepala Desa Harapan Baru Harianto yang dihubungi melalui telepon selulernya malam ini, Senin.

Harianto menjelaskan untuk Desa Harapan Baru saja ada 59 rumah yang terendam banjir, sementara desa tetangganya yaitu Desa Lama Baru terdapat 41 rumah yang kini terendam banjir dengan ketinggian air antara 50 Cm hingga 150 Cm.

“Itu untuk data sementara bila curah hujan terus semakin tinggi dan berlanjut hingga malam ini diperkirakan semakin bertambah lagi rumah warga yang terkena banjir,” katanya.

Ada beberapa dusun yang terkena banjir diantaranya Parsaoran, dusun II Wonorejo, dusun 5 cintaa maju, yng dianggap paling parah.

“Kini ternak dan barang barang milik warga juga sudah diungsikan ke berbagai tempat yang tinggi di kawasan itu, termasuk juga warga sudah ada yang mengungsi,” ujar dia.

Selain faktor curah hujan yang cukup tinggi di kawasan itu juga karena bendungan yang ada tidak mampu lagi menampung air, mengakibatkan air terus memasuki kawasan pemukiman warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Langkat Noto Atmojo menjelaskan banjir yang melanda kawasan Sei Lepan diakibatkan hujan yang deras yang curahnya cukup tinggi di kawasan itu.

“Kita sudah persiapkan tim untuk segera diterjunkan ke lokasi banjir sekarang ini sedang bersiap menuju lokasi,” katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com