2 Tentara India Tewas Ditangan Pemberontak

Metrotvnews.com, New Delhi: Kontak senjata pecah di Kashmir dekat perbatasan India-Pakistan. Pemberontak di kawasan sengketa ini menewaskan dua tentara India. Juru bicara militer India Kolonel Rajesh Kalia mengatakan, baku tembak itu juga menewaskan dua orang dari pihak pemberontak.

“Dua teroris yang mencoba melakukan infiltrasi ke pihak kita di Kashmir di sektor Naugam dieliminasi. Dua tentara juga tewas dalam baku tembak,” kata Rajesh dikutip AFP, Sabtu 20 Mei 2017.

Kashmir telah terbelah antara India dan Pakistan sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris pada tahun 1947. Kedua negara mengklaim memiliki hak lahan tersebut.

Tentara India dan Pakistan dalam beberapa pekan terakhir terlibat bentrok di jalur perbatasan de facto yang memisahkan Kashmir antara kedua negara. Konflik ini kerap menyebabkan kematian tentara dan warga sipil di kedua belah pihak.

New Delhi kerap menuduh Pakistan mempersenjatai dan melatih pemberontak anti-India dan mendorong mereka melewati perbatasan yang sangat termiliterisasi untuk melancarkan serangan terhadap pasukan India.

Sementara Islamabad membantah tuduhan tersebut. Mereka mengatakan bahwa hal itu hanya memberikan dukungan moral dan diplomatik terhadap perjuangan Kashmir untuk hak menentukan nasib sendiri.

 
(Des)