20 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban

Polisi perbatasan bersiaga di Torkham, antara Afghanistan dan Pakistan di provinsi Nangarhar, 12 Mei 2016. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

Metrotvnews.com, Zabul: Sedikitnya 20 polisi tewas dalam serangan Taliban di Afghanistan, Minggu 21 Mei 2017, di tengah operasi pemerintah memerangi kelompok militan tersebut di beberapa distrik. 

Gubernur Provinsi Zabul, Bismullah Afghanmal, mengatakan bahwa 20 polisi itu diserang Taliban di distrik Shah Joi. Ia menyebut Taliban juga pernah beberapa kali menyergap polisi di Chino dan Ghulam Rabat.

“Laporan yang kami dapat saat ini mengindikasikan 20 polisi tewas dan sepuluh lainnya terluka. Jumlah korban mungkin bertambah,” kata Afghanmal kepada Reuters

Afghanmal melaporkan bahwa puluhan militan Taliban juga tewas dan terluka dalam bentrokan dengan aparat di Shah Joi. 

Juru bicara pemprov Zabul, Gul Islam Seyal, menyebutkan adanya pengiriman tambahan polisi ke tempat penyergapan Taliban. Terdapat sebuah pertempuran terpisah di distrik Dai Chopan, namun jumlah korbannya belum diketahui. 

Sementara itu di provinsi Ghazni, Taliban melancarkan serangan dari tiga arah ke beberapa wilayah ibu kota pada Jumat 19 Mei 2017.

Salah satu militan mengendarai mobil jenis Humvee berisi bahan peledak ke pintu masuk kompleks pemerintahan lokal. 

Taliban telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan mematikan di provinsi Paktia pada Sabtu 20 Mei 2017, yang menewaskan sedikitnya enam orang, termasuk tiga penyerang.

(WIL)