Arus Balik, Pertamina Siaga 28 SPBU Kantong di Jateng

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV menyiagakan BBM di 28 SPBU Kantong untuk arus balik pemudik. SPBU ini diletakkan di berbagai titik di seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta yang diprediksi sebagai titik kemacetan.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV Ibnu Chouldum mengatakan Pertamina turut menyiagakan Kiosk & Mobile Dispenser disiapkan di tol Darurat Brebes-Gringsing.

“28 SPBU Kantong untuk persiapan arus balik sudah kami siapkan di titik-titik SPBU yang diprediksi merupakan titik-titik kemacetan selama arus balik. SPBU kantong bersifat seperti mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suplai dengan stand by di SPBU untuk cepat memasok BBM ke SPBU,” jelas Ibnu melalui keterangan pers di Yogyakarta, Jumat 30 Juni 2017.


Pertamina Siaga SPBU Kantong.

Ibnu menambahkan, pihaknya menyiagakan SPBU kantong sebab Pertamina memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran adalah 1-2 Juli 2017.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Marketing Operation Region IV Wilayah Jawa Bagian Tengah & DIY Andar Titi Lestari menambahkan, konsumsi BBM melalui KiosK dan mobil dispenser di Jawa Tengah meningkat. Tercatat konsumsinya sejak H-10 hingga 29 Juni 2017 mencapai 200.406 liter untuk Pertamax, 5.520 liter untuk Pertamina Dex, dan 7.101 liter untuk Dexlite.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat ke tempat wisata atau ke kota perantauan.

“Masih banyak sampai hari ini masyarakat yang melakukan libur Lebaran dengan berlibur ke daerah Jawa Tengah. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Pertamina GO untuk mencari lokasi SPBU terdekat,” jelas Andar.


Pertamina Siaga SPBU Kantong.

Selain itu, Pertamina turut menyiagakan pasokan solar untuk truk angkut. Kementerian Perhubungan sudah mengizinkan truk angkutan beroperasi sejak 4 Juli 2017 sehingga konsumsi solar diprediksi meningkat.

Andar menjelaskan konsumsi solar sampai dengan 29 Juni 2017 mengalami penurunan sebesar 16 persen. Di mana rata-rata realisasi harian selama satgas sebesar 4.219 KL per hari turun dari rata-rata konsumsi harian normal yang sebesar 5.033 KL per hari. “Besar kemungkinan tanggal 30 nanti konsumsi solar sudah mulai naik kembali,” tutupnya.

SPBU Kantong antara lain terletak di SPBU 4457312 Tanduk Ampel, Boyolali, SPBU 4451309 Weleri, Desa Parakan Kendal, SPBu 4452101 di jalan Raya Kaligangsa, Kota Tegal, dan SPBU 4455809 di Jalan Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com