Badai Nate mengarah ke New Orleans AS

BadaiHak atas foto Reuters
Image caption Kosta Rika merupakan negara di Amerika Tengah yang diterjang badai Nate.

Negara-negara bagian AS yang berada di Teluk Meksiko kembali bersiaga dari terjangan Badai Nate.

Sebagian dari kota New Orleans yang hancur akibat Badai Katrina 12 tahun yang lalu, tengah dievakuasi.

Nate menewaskan sedikitnya 23 orang ketika menerjang Nikaragua, Kosta Rika dan Honduras sebagai badai tropis.

Sejak diperkuat menjadi badai kategori 1, yang meski tidak sekuat Maria dan Irma yang menerjang AS pada bulan lalu, tetapi akan menyebabkan angin kencang dan gelombang besar.

Peringatan kemungkinan terjadinya badai dan gelombang besar telah dikeluarkan di sebagian wilayah Teluk Meksiko dari Louisiana ke Alabama.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards telah mengumumkan status darurat sebelum badai, yang menyebabkan tanah longsor pada Sabtu malam waktu setempat.

Dia mengatakan lebih dari 1.000 tentara Garda Nasional telah dimobilisasi dan dikirim ke sejumlah tempat ke New Orleans untuk memantau pompa drainase di sana. “Siapa pun di daerah dataran rendah … kami mendesak mereka untuk bersiap sekarang,” kata dia.

Jam malam juga diberlakukan mulai pukul 18:00 di New Orleans.

“Ancaman terbesar kita … bukan hanya hujan, tapi angin kencang dan gelombang badai,” kata Walikota Mitch Landrieu.

Semenanjung Yucatan di Meksiko – rumah bagi resor pantai populer di Cancun dan Plana del Carmen – bersiap menghadapi badai pada Jumat malam.

Gubernur, Carlos Joaquin, mengatakan bahwa meskipun badai terburuk diperkirakan hanya akan melintasi sebelah timur semenanjung, tapi tetap akan menyebabkanhujan dan banjir besar.

Perusahaan minyak telah mengevakuasi staf dari Teluk Meksiko yang terletak di sepanjang jalur yang diperkirakan akan terkena badai.

Nate dapat menyebabkan hujan deras, tanah longsor dan banjir yang menutup jalanan, menghancurkan jembatan dan rumah yang rusak saat menerjang Amerika tengah.

Sedikitnya 11 orang tewas di Nikaragua, delapan di Kosta Rika, tiga di Honduras dan satu di El Salvador.

Ribuan orang terpaksa tidur di tempat penampungan dan sekitar 400.000 orang di Kosta Rika dilaporkan tanpa air yang mengalir.

Sumber RSS / Copyright : bbci.co.uk