Bagi Jemaah Salat Id di Istiqlal, Silakan Manfaatkan Lahan Parkir di Katedral

Bagi Jemaah Salat Id di Istiqlal, Silakan Manfaatkan Lahan Parkir di Katedral - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Besok (25/6) umat Islam akan melaksanakan Salat Idulfitri guna menyambut 1 Syawal 1438 Hijriah. Salah lokasi salat id di Jakarta adalah Masjid Istiqlal.

Biasanya jemaah salat id di masjid terbesar di Indonesia itu membeludak. Bahkan sering kali jemaah salat id meluber hingga luar masjid.

Katedral Jakarta yang lokasinya berseberangan dengan Masjid Istiqlal pun akan dibuka untuk jemaah salat id. Pengelola Gereja Katedral siap membantu kelancaran ibadah salat id dengan menyediakan lahan parkirnya.

“Tentu nanti kami lihat situasi, jika diperlukan untuk dipakai area parkir, kami membuka jika diperlukan,” ucap Humas Katedral Susyana Suwandi ketika dikonfirmasi, Sabtu (24/6).

Dia menambahkan, hingga hari ini belum ada pembentukan tim khusus untuk membantu kelancaran ibadah salat id di Masjid Istiqlal. Namun, katanya, pihak pengelola Katedral Jakarta membuka diri untuk berkoordinasi dengan pengurus Istiqlal jika ada hal-hal yang dibutuhkan demi kelancaran salat id.

Sebelumnya Gereja Katedral Jakarta sudah mengeluarkan kebijakan untuk mengubah jadwal misa pada Minggu 25 Juni 2017. Kebijakan mengekor prediksi bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriyah.

Hasil kesepakatan dengan Dewan Paroki Pengurus Harian Gereja Katedral, misa pada 25 Juni hanya dilakulan dua kali pada siang hari. Biasanya, ibadah Misa hari Minggu dijadwalkan berlangsung pukul 06.00 WIB, pukul 07.30WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 17.00 WIB,dan 19.00 WIB.

Tapi, saat Idulfitri maka misa akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, lalu pukul 12.00 WIB, 17.00 WIB, dan terakhir pukul 19.00 WIB.(elf/JPG)

Copyright : jpnn.com