Belasan Hewan Kurban di Bekasi Dinyatakan Tidak Layak Potong

Belasan Hewan Kurban di Bekasi Dinyatakan Tidak Layak Potong - JPNN.COM

jpnn.com, BEKASI – Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Fatia Sriwijayanti mengatakan, dari sekitar 6.000 hewan kurban, hanya 14 ekor yang tidak layak potong.

“Sekitar 14 ekor lah yang tidak layak potongnya. Itu pun coba kami sembuhkan semoga bisa sehat nanti pada saat hari H,” ujar Fatia seperti dikutip GoBekasi.

Kata dia, ada beberapa penyakit yang mengenai hewan – hewan yang ada di Kota Bekasi. Di antaranya karena kelelahan dalam perjalanan, pada akhirnya kondisi tubuhnya jatuh dan lemah, tidak nafsu makan dan ada beberapa yang diare.

“Kalau seperti itu kan kami bisa lakukan pengobatan nih. Karena masih ada tiga hari sebelum pelaksanaan, jadi masih kami lakukan pengobatan,” tutur dia.

Selain itu, kata dia, ada beberapa sapi yang terinfeksi pada mata karena udara yang panas. Kemudian, ada hewan kurban yang beratnya sangat minim atau kurus yang diduga kelelahan.

Ada juga hewan kurban yang abses yang luka di tanduknya busuk dan sudah diberikan obat.

“Hari ini sudah kering pas dicek. Kemarin nanahnya dikeluarin, terus disemprot pakai obat, hari ini dicek ternyata udah kering. Jadi Insya Allah sih kondisinya oke, bisa dipotong,” sambungnya.

Dirinya menyarankan supaya para penjual bisa menjaga kondisi maksimal dari hewan kurbannya dengan menempatkannya di tempat teduh.(neo/pj/gob)

Sumber RSS / Copyright : jpnn.com