BMKG: waspadai hujan deras di Medan

Medan (ANTARA News) – Badan Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Wilayah 1mengingatkan curah hujan yang tinggi disertai kilat dan angin kencang masih akan melanda Kota Medan dan sekitarnya.

“Meski cuaca terik, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sangat besar terjadi sehingga warga diminta mewaspadainya,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan di Medan, Minggu.

Hari Minggu, 28 Mei misalnya mulai sekitar pukul 14.00 WIB hingga sore hari terjadi hujan lebat setelah cuaca cukup panas di Medan dan sejumlah wilayah lain di Sumut.

Selain Medan, hujan melanda sebagian wilayah Langkat, Deliserdang dan sekitarnya.

Oleh karena hujan deras, tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi banjir seperti di Langkat.

Syahnan tidak.membantah akan juga terjadi gempa berskala kecil di sejumlah daerah Sumut seperti Nias.

Meski tidak besar dan tidak berpotensi tsunami, masyarakat diminta mengikuti arahan BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut.

Kepala Badan Penanggulangan BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis, juga mengakui perlunya kewaspadaan terhadap potensi bencana, seperti longsor dan banjir bandang.

Hasil analisis BMKG yang menyebutkan beberapa daerah di Sumut masih berpotensi diguyur hujan harus diwaspadai.

“BPBD dan BMKG terus berkoordinasi dan diminta masyarakat mendengarkan dan mengikuti arahan dengan tetap waspada,” katanya.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com