Bukan Sekadar Pengirim Pesan, LINE Ingin Jadi Portal Pintar

Metrotvnews.com, Tokyo: LINE baru saja mengumumkan roadmap pengembangan baru untuk lima tahun ke depan.

Dalam roadmap tersebut, LINE ingin mengubah citra aplikasinya dari sekadar messenger menjadi sebuah smart portal. Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO LINE, Takeshi Idezawa dalam acara LINE Conference 2017 di Tokyo, Jepang.

“Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Untuk itulah kami ingin menciptakan dunia yang semuanya terhubung oleh LINE, tidak hanya secara individu, tetapi juga dalam bisnis dan pekerjaan. Bagaimana caranya? Kami ingin meningkatkan relasi antara pengguna dengan perangkat yang digunakannya,” ujar Idezawa.

Setidaknya ada tiga visi utama yang akan menjadi acuan LINE untuk lima tahun ke depan. Visi tersebut adalah layanan yang terkoneksi, layanan yang berfokus pada video, dan layanan berbasis kecerdasan buatan (AI). Melalui ketiganya Idezawa menginginkan LINE yang bisa memenuhi kebutuhan di era postsmartphone, saat pengguna menginginkan lebih dari sekadar layanan chatting.

Dari visi pertama, Idezawa menginginkan berbagai layanan lain agar bisa terhubung dengan LINE. Berbagai layanan tersebut termasuk layanan jual beli, hingga layanan publik. Selain itu, LINE juga akan fokus ke konten video dalam lima tahun mendatang. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya konten video yang beredar di internet. Bahkan LINE memperkirakan pasar iklan melalui video bisa mencapai JPY291,8 miliar (Rp33,8 triliun) pada tahun 2022.

Sementara visi terakhir menujukkan LINE mulai serius dalam menggarap sistem AI untuk diimplementasikan pada berbagai layanannya. Sebelumnya, Facebook telah menggarap AI untuk aplikasi Messenger, dan Amazon telah membuat AI berbasis suara bernama Alexa. Kali ini LINE membuat keduanya. 

Sistem AI pada messenger dan layanan lainnya akan segera dihadirkan. Selain itu, LINE juga tengah mengembangkan Clover yaitu sebuah platform AI yang dapat berinteraksi langsung dengan penggunanya layaknya Alexa.

Dari tiga visi tersebut, sudah jelas bila LINE ingin bersaing lebih serius lagi bersaing di pasar. Mereka juga telah menyiapkan beragam fitur baru untuk memperkaya pengalaman penggunana di aplikasi LINE, termasuk fitur yang memanfaatkan AI. Apakah rencana besar LINE kali ini akan berhasil? Bagaimana menurut Anda?

(MMI)

Copyright : metrotvnews.com