Dari Mulai AMD hingga TMMD Intinya adalah Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Warga Desa Wanawali di lokasi TMMD

Purwakarta (WartaMerdeka.id) – Program TMMD adalah cerminan dari komitmen TNI untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta dengan isi yang mulia, yakni mempertahankan semangat kekeluargaan, dan budaya Gotong Royong yang menjadi rohnya NKRI. papar Dandim 0619 Purwakarta.

Program TNI Membangun Desa (TMMD) menurutnya sangatlah membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat daerah terpencil, pelosok maupun tertinggal.

“Dulu awal pertama dilaksanakannya pada tahun 1980 dengan namanya ABRI Masuk Desa (AMD). Kemudian setelah reformasi diganti dengan TNI Manunggal Membangun Desa. Dan seperti TMMD Kodim 0619/Purwakarta ini, dengan salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui pembangunan infrastruktur yang dilakukan Satgas TMMD,”

Konsep dan implementasi Kemanunggalan TNI dengan Rakyat sudah ada sejak awal terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Dikenal dengan jargon yang hingga kini digunakan, adalah ucapan Panglima Besar Jenderal Sudirman, “Tentara dengan rakyat tak bisa dipisahkan, bagaikan ikan dengan air” dimana terlihat spirit dari kemanunggalan TNI – Rakyat. Sejak itulah hingga kini TNI manunggal dengan rakyat.

Pada tahun 80 an kemanunggalan TNI dengan rakyat dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD), yang  kini berubah  dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).  (DR)