Detik-detik Penembakan Gedung Parlemen Iran  

Rabu, 07 Juni 2017 | 17:46 WIB

Detik-detik Penembakan Gedung Parlemen Iran  

Seorang pria memegang tangan seorang bocah untuk diselamatkan dari aksi penembakan pria bersenjata di dalam gedung Parlemen, di Tehran, Iran, 7 Juni 2017. Pelaku menembakan secara acak di dalam gedung Parlemen. AP Photo

TEMPO.CO, Teheran – Segerombolan pria bersenjata menembaki gedung parlemen Iran pada Rabu, 7 Juni 2017. Berikut ini detik-detik penembakan gedung parlemen Iran, seperti dikutip dari Tasnim News Agency.

Pukul 06.07 waktu setempat: Wartawan Tasnim di gedung parlemen menyatakan anggota parlemen dikunci di aula parlemen. Hal itu dilakukan setelah aparat menerima laporan serangan pria bersenjata ke gedung parlemen.

Baca: Gedung Parlemen Iran Ditembaki, 7 Orang Tewas dan 4 Disandera

Pukul 06.30: Wartawan Tasnim di dalam parlemen mengatakan empat petugas keamanan telah ditembak dan seorang di antaranya tewas.

Pukul 06.32: Diketahui, penyerangnya ada tiga orang. Dua di antaranya membawa senjata senapan serbu AK-47, sedangkan satu orang lain membawa pistol.

Pukul 06.45: Empat orang yang terluka di parlemen, yakni dua staf biasa, staf layanan, dan petugas satpam, yang dilaporkan telah meninggal.

Pukul 06.54: Ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Hossein Naqavi Hosseini mengatakan tembakan terus berlanjut, tapi pasukan keamanan telah mengendalikan situasi.

Baca: Wanita Ini Ledakkan Diri Usai Menembaki Makam Ayatollah Khomeini

Pukul 06.57: Mehdi Kiayee, kepala departemen kehumasan parlemen, mengatakan sidang terbuka parlemen diadakan dalam kondisi normal. Semua jalan menuju Parlemen di pusat kota Teheran telah ditutup.

Pukul 07.27: Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli mengatakan sidang darurat Dewan Keamanan Teheran akan diadakan. Dia menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Pukul 07.32: Seorang pelaku yang keluar dari gedung parlemen kembali ke dalam setelah menghadapi blokade polisi. Teroris itu kemudian mengeluarkan tembakan ke luar gedung parlemen.

Pukul 07.55: Sumber di parlemen mengatakan serangan teroris tersebut telah menewaskan 7 orang serta menyandera 4 lainnya di lantai atas gedung parlemen.

Pukul 08.02: Sumber mengatakan bahwa tim penyelamatan sandera dari Garda Revolusi Islam telah membunuh satu dari empat orang bersenjata di dalam parlemen.

Pukul 08.23: Sebuah ledakan terjadi di lantai lima gedung parlemen. Penembak jitu telah ditempatkan di sekitar parlemen.

TASNIM NEWS AGENCY | YON DEMA

Copyright : tempo.co