Distributor Dorong Stabilisasi Harga Daging Jelang Lebaran

Metrotvnews.com, Jakarta: Distributor daging, PT Suri Nusantara Jaya, melakukan operasi pasar khusus daging untuk warga. Upaya Suri Nusantara tersebut bertujuan untuk menstabilisasi harga daging di pasaran yang saat ini berkisar Rp120 ribu hingga Rp140 ribu per kilogram (kg).

Dalam operasi pasarnya, daging sapi segar dijual hanya seharga Rp90 ribu per kg dan daging beku seharga Rp75 ribu per kg. Operasi pasar sudah dimulai sejak awal Ramadan dan berakhir H-1 atau pada Sabtu 24 Juni 2017.

CEO Suri Nusantara Jaya, Diana Dewi, mengatakan operasi pasar daging murah dilakukan di enam outlet miliknya. Di antaranya Kranggan, Pondok Gede, Jatiwaringin, Joglo, Depok, dan Cirebon.

“Kami tidak membatasi pembelian. Masyarakat bisa membeli sebanyak apapun. Buat dia sendiri boleh atau dia beli untuk keluarga dan saudaranya juga boleh,” ujar Diana dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu 24 Juni 2017.

Menurut Diana, pembelian daging tanpa sistem kuota dimaksudkan agar masyarakat bisa menikmati daging saat Lebaran. Di luar itu, tujuan Suri Nusantara yang utama adalah mendorong upaya pemerintah dalam menstabilisai harga daging.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya, Sarman Simanjorang, mendukung penuh langkah Suri Nusantara dalam mendorong program pemerintah menstabilisasi harga daging. Operasi pasar ini sesuai dengan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk daging, yakni Rp80 ribu per kg.

“Operasi pasar ini sesuai dan bahkan di bawah HET. Ini sangat membantu menekan harga daging di pasar sehingga masyarakat bisa mendapatkan daging murah berkualitas, apalagi menjelang Lebaran seperti ini,” tuturnya.

Data dia, pada hari biasa rerata konsumsi daging di Jabodetabek sebanyak 165 ton per hari atau setara 700 ekor sapi. Pembelian, lanjutnya, akan naik signifikan. Masyarakat yang biasanya membeli daging 1 kg akan naik menjadi 4-5 kg untuk memenuhi kebutuhan selama Idulfitri.

“Selama bulan Ramadan, kebutuhan daging sapi di Jakarta sangat tinggi. Data prognosa Kementerian Pertanian menyatakan, ketersediaan sapi lokal siap potong hingga Juni 2017 sebanyak 356.620 ekor atau setara 62.400 ton daging,” tutup Sarman.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com