Google Rayakan Kemerdekaan Indonesia Lewat Google Doodle

Kamis, 17 Agustus 2017 | 07:39 WIB
google doodle

google doodle.

TEMPO.CO, Jakarta – Google doodle menampilkan ikon yang menggambarkan kemerdekaan Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2017. Pada laman awal website pencarian nomor satu itu, tampak gambar perahu yang menampung sejumlah orang .


Orang-orang dalam kapal tersebut pun digambarkan memakai pakaian adat khas daerah yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Kalimantan, dan Padang. Terdapat juga gambaran gunung dan hutan di bagian belakang perahu. Tak lupa ada bendera merah putih yang berkibar.

Baca: Kisah Jokowi Pilih Ajudan Pribadi Jhonny Edison Isir

Jika di-klik, mesin pencarian akan membawa pada laman pencarian dengan subject “Indonesia Independence”. Selain menampilkan hasil pencarian tentang momen kemerdekaan Indonesia, laman pertama pencarian juga menampilkan poling sejumlah lomba favorit yang biasa diadakan saat momen 17 Agustus.

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini diproklamasikan oleh Presiden dan Wakil Presiden saat itu, Soekarno dan Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Indonesia dijajah Belanda selama hampir 350 tahun dan di jajah Jepang selama 3,5 tahun.

Teks naskah Proklamasi ditulis dengan tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatat yang kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sementara yang merumuskan proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia terdiri dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo.

Baca: Ikuti Sidang MPR, Jokowi ‘Tukaran’ Baju Dengan Wapres JK 

Berikut isi Proklamasi:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Google doodle kerap menampilkan peristiwa-peristiwa bersejarah maupun penting di Indonesia dan hari ini tentang kemerdekaan Indonesia.

INGE KLARA SAFITRI


Copyright : tempo.co