Gubernur Ganjar meluncurkan aplikasi regopantes.com

Semarang (ANTARA News) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi meluncurkan aplikasi regopantes.com di kalangan petani yang diharapkan bisa memangkas jalur distribusi penjualan berbagai komoditas pertanian.

Peluncuran aplikasi regopantes.com dilakukan pada acara peringatan Hari Tani Nasional 2017 tingkat Provinsi Jawa

Tengah yang berlangsung di halaman kantor Gubernur Jateng di Semarang, Sabtu, dan disaksikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Aplikasi regopantes.com diharapkan menjadi perdagangan daring berbagai produk pertanian langsung dari petani ke konsumen dengan harga yang pantas untuk semua pihak.

Ganjar menginginkan agar petani melek teknologi dan mulai menggunakan aplikasi untuk memasarkan produknya, bahkan pemerintah telah memfasilitasi dengan menyediakan aplikasi regopantes.com.

Melalui aplikasi regopantes.com, Pemprov Jawa Tengah juga ingin meningkatkan kesejahteraan petani dengan memutus panjangnya mata rantai penjualan yang berakibat harga rendah di tingkat petani, namun tinggi di tangan konsumen.

“Dengan aplikasi ini, petani bisa memposting hasil tani yang dijualnya secara online, lalu konsumen melakukan pembelian melalui situs regopantes.com,” katanya.

Harga pantas untuk petani dan konsumen akan diakurasi oleh sistem regopantes.com dengan cara mencari keseimbangan baru antara harga petani ke tengkulak dengan harga konsumen membeli hasil tani di pasar

akhir.

“Harga pantas petani dan harga pantas konsumen tersebutlah yang ditawarkan oleh sistem kepada petani dan konsumen akhir sebagai dasar transaksi di antara petani dan konsumen,” ujarnya.

Harga pantas petani akan lebih tinggi dibandingkan harga ke tengkulak, tapi memiliki konsekuensi bahwa petani harus lebih sadar terhadap kualitas hasil tani karena kini petani menjadi penjamin kualitas hasil taninya sendiri.

Dengan demikian aplikasi regopantes.com merupakan alat atau alternatif cara petani mendapatkan harga yg lebih pantas dan akhirnya akan membuat hidupnya lebih mentes (lebih berisi) atau sejahtera.

Peluncuran aplikasi regopantes.com didahului dengan penandatanganan perjanjian kerja sama Sekda Provinsi Jawa Tengah dengan Kepala Kanwil BRI Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kanwil PT BRI Semarang, dan Direktur 8villages Indonesia mengenai Peningkatan Kesejahteraan Petani melalui Integrasi Sistem Kartu Tani dengan Aplikasi Petani Berbasis Digital.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman sebelumnya yang ditandatangani dalam acara Soropadan Agro Expo 2017 di Soropadan, Temanggung, pada Juli 2017.

Pada acara peringatan Hari Tani Nasional 2017 tingkat Provinsi Jateng juga dilakukan pemberangkatan mobil boks regopantes.com lengkap dengan logo Pemprov Jateng, BRI dan 8Villages.

Pelepasan mobil tersebut menandai pengiriman perdana hasil tani para petani menuju konsumen di Jakarta menggunakan aplikasi regopantes.com.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber RSS / Copyright : antaranews.com