Gubernur Jateng Minta Petani Berjualan Online

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ANT/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Temanggung: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta petani dan pelaku UMKM lebih bisa memanfaatkan teknologi untuk menjual hasil pertanian dan produksinya. Dengan demikian sektor pertanian akan lebih berkembang. Hal itu disampaikan Ganjar saat acara minum kopi bareng petani, pelaku UMKM dan masyarakat di Halaman Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Sabtu 23 September 2017. 

“Tadi ada yang bertanya pada saya, bagaimana menjual hasil pertanian dan produk UMKM. Lalu saya tanya balik apakah ia menggunakan android dalam telepon selulernya. Ternyata iya, makanya saya ajari menerapkan aplikasi sadewa market agar bisa jualan online,” kisah Ganjar dikutip dari Media Indonesia, Minggu 24 September 2017. 



Teknologi, katanya, amat penting bila dimanfaatkan untuk mengembangkan bidang pertanian dan menjual hasil-hasilnya. Karena itu para petani dan pelaku UMKM mesti belajar memanfaatkan teknologi tersebut.

Terkait produksi atau on farm hingga off farm untuk pemasarannya, Ganjar menyontohkan model korporasi Badan Usaha Milik Tani (BUMT) di daerah Jawa.

Barat yang mempraktekan bertani dari hulu hingga ke hilir. Hal itu ia ketahui saat melakukan pertemuan kepala-kepala daerah se Indonesia dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Konsep yang dinilai cukup bagus tersebut, diminta diterapkan untuk pertanian kopi di Temanggung. Model bertani begitu akan membuat kopi yang sudah bagus akan lebih berkembang.

“Produk kopi Temanggung sudah bagus, tinggal bagaimana caranya bisa mengolah sedemikian rupa, diracik, packaging yang bagus, saya kira akan ada nilai lebih,” ujar Ganjar.

Dalam kesempatan santai ngopi bersama itu, Ganjar menyerahkan kredit mitra Jateng 25 kepada lima pelaku usaha. Mereka dari pelaku usaha batu, produksi roti, ceriping ketela, dan dua pelaku usaha konveksi.

(SAW)

Sumber RSS / Copyright : metrotvnews.com