Hasil Lelang Barang Koruptor Capai Rp200 Miliar

KPK. MI/Rommy P.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang 22 mobil sitaan dari para koruptor di Jakarta Convention Center, pada Jumat 22 September 2017.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, hasil lelang dari barang tersangka korupsi  ini mencapai Rp200 miliar.  


“Dana yang masuk sekitar Rp200 miliar, dari lelang tersebut itu 67 persen di atas harga minimum yang dipakai untuk tawar menawar,” katanya di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin 25 September 2017.

Isa mengungkapkan, dari 22 mobil yang dilelang, satu mobil tidak laku karena harganya sangat mahal dibanding mobil lainnya yaitu sebesar Rp1,140 miliar. Mobil Jaguar XJL 3.0 VG AT ini bekas milik terpidana kasus suap Raperda Reklamasi yang merupakan mantan anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra M Sanusi. 

“Ini merupakan suatu peningkatan value yang bagus mengingat memang tidak ada surat-surat dan para peserta lelang harus mengurus lagi ke kepolisian,” tutur dia.

Ditambahkan Isa, barang yang tidak laku akan dijadwal ulang untuk dilelang kembali bersama barang sitaan KPK dan tanggungan bank lainnya.

“Yang tidak laku nanti akan dicarikan event lagi. Kalau lelang setiap jadwal memang bisa diakses di website. Ada banyak barang, tidak hanya barang sitaan KPK tapi tanggungan bank dan lainnya,” tegas dia.

Adapun dari 22 mobil yang berhasil di lelang, harga terendah yang terjual adalah mobil Isuzu Panther tahun 2004 senilai Rp65 juta yang ditawarkan dengan harga awal Rp28 juta. 

Sedangkan harga tertinggi yakni Jeep Wrangler 4.0 AT tahun 2007 yang terjual dengan harga Rp460 juta dari harga dasar Rp191 juta. 

(SAW)

Sumber RSS / Copyright : metrotvnews.com