IHSG Anjlok 1,8% Jelang Libur Panjang, Ini Penyebabnya

Jakarta – Ada yang aneh dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini. IHSG dari sesi I memang bergerak di zona merah, namun mendekati penutupan tiba-tiba anjlok cukup dalam.

Sejak pagi IHSG bergerak di kisaran 6.040, namun pada pukul 15.30 waktu JATS IHSG tiba-tiba ambruk hingga melemah 1,8% ke level 5.952.

Menurut Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama, pelemahan IHSG salah satunya juga disebabkan libur yang 1 hari lebih panjang dari biasanya. Para investor beberapa diantaranya mengambil posisi aman dengan take profit.

“Di samping itu juga hari ini minim sentimen positif dari dalam negeri. Sehingga aksi profit terjadi menjelang penutupan indeks,” tuturnya saat dihubungi detikFinance, Kamis (30/11/2017).

Investor asing juga hari ini kembali mengambil posisi jual. Tercatat net sell di seluruh pasar hari ini sebesar Rp 2,24 trilun. Menurut Nafan hal itu lantaran rata-rata harga saham di Indonesia sudah terlalu mahal.

“IHSG memiliki PER (Price Earning Ratio) yang cukup tinggi dibandingkan indeks di kawasan Asia. Sehingga IHSG bagi investor global dianggap kemahalan,” imbuhnya.

Vice President Research Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya juga melihat, momen libur panjang juga cukup memberikan pengaruh. Meskipun hal itu bukan satu-satunya faktor.

“Enggak mungkin enggak ada pengaruhnya. Libur panjang pasti pengaruh. Tapi ini liburnya tidak panjang banget, ada faktor-faktor lainnya,” tutur dia.

Selain itu momen pergantian bulan juga cukup berpengaruh. Sebab para investor cenderung mengambil posisi aman untuk meyambut data-data perekonomian yang keluar di awal tahun.

William juga mengatakan, biasanya di bulan terakhir rata-rata pasar sedikit terkoreksi. Sebab di Desember cukup banyak tanggal merahnya. Selain itu mereka juga masih wait and see untuk meraba kondisi perekomian di tahun selanjutnya.

“Jadi ini kontraksi untuk konsolidasi sesaat, bukan sesuatu yang mengkahawatirkan,” tegasnya. (dna/dna)

Sumber RSS / Copyright : detik.com