IHSG Berpotensi Bergerak Datar

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Amerika Serikat (AS) ditutup mengalami penguatan dan mencapai rekor terbaru kemarin seiring dengan ekspektasi pemerintah yang akan mengumumkan angka pertumbuhan pada Jumat ini. Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan dan memberi efek positif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Ekonom AS memperkirakan ekonomi AS akan bertambah 185.000 pekerjaan pada Mei lalu di mana estimasi ini didukung dengan rilis data lapangan pekerjaan dari ADP and Moody’s Analytics yang menunjukkan ada kenaikan 253.000 pekerjaan di bulan Mei.

“Sementara jobless claims tercatat lebih besar dari perkiraan (aktual: 248.000 vs estimasi 239.000) dan ISM Manufacturing Mei turun ke 54,9,” ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Di sisi lain, harga minyak Brent tercatat mengalami pelemahan seiring kembali bertambahnya jumlah rig count US ke 722 sumur, dan mengindikasikan adanya kenaikan jumlah produksi minyak AS Harga emas bergerak datar di USD1.263 per toz.

“IHSG hari ini kami perkirakan datar dipengaruhi oleh menurunnya harga beberapa komoditas dan melemahnya PMI manufacturing Indonesia pada Mei 2017 di tengah katalis positif kenaikan rating obligasi Indonesia ke layak investasi,” tuturnya.

Sementara itu, Non Performing Finance (NFP) ditunggu dan penguatan USD belum solid. Secara umum dolar index masih berada di tren turun walaupun pada perdagangan semalam mengalami kenaikan di mana sebelumnya sempat anjlok ke kisaran 96.

“Indeks manufaktur yang membaik dan pertambahan tenaga kerja ADP AS yang naik, menjadi alasan utama. Akan tetapi konsensus mellihat pertambahan tenaga kerja non pertanian AS yang dirilis Jumat malam akan memburuk,” ujar Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

(ABD)

Copyright : metrotvnews.com