Imbal Hasil SUN Bergerak Stabil

Metrotvnews.com, Jakarta: Imbal hasil UST mengalami kenaikan dan tekanan inflasi domestik intensif. Imbal hasil global mulai kembali menguat di tengah membaiknya data ekonomi Amerika Serikat (AS) walaupun secara umum imbal hasil UST masih berada di tren turun.

Dari domestik, kata Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta, imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) masih stabil dengan tendensi turun. Walaupun ruang penurunan masih tersedia, dalam jangka pendek tekanan naik inflasi serta imbal hasil global bisa meminta kenaikan imbal hasil SUN.

“Inflasi Mei 2017 yang dirilis Jumat siang diperkirakan naik ke 4,37 persen YoY, sementara FOMC meeting tengah Juni 2017 mendatang diharapkan menaikkan lagi FFR target 25 bps,” kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Di sisi lain, Non Performing Finance (NFP) ditunggu dan penguatan USD belum solid. Secara umum dolar index masih berada di tren turun walaupun pada perdagangan semalam mengalami kenaikan di mana sebelumnya sempat anjlok ke kisaran 96.

“Indeks manufaktur yang membaik dan pertambahan tenaga kerja ADP AS yang naik, menjadi alasan utama. Akan tetapi konsensus mellihat pertambahan tenaga kerja non pertanian AS yang dirilis Jumat malam akan memburuk,” pungkas Rangga.

(ABD)

Copyright : metrotvnews.com