India Siap Tampilkan Yoga & Masakan Khas Negaranya di Forum Ekonomi Dunia

Lebih dari tiga ribu pemimpin dunia dalam bidang bisnis, politik, seni, akademis dan masyarakat sipil akan menghadiri Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia WEF ke-48 di kota resor ski di pegunungan Alpen yang tertutup salju, di mana India akan menghadirkan delegasi terbesarnya.

Masakan khas India dan sessi yoga yang dihadirkan secara live akan meramaikan pertemuan tahunan di Davos mulai Senin (22/1) di mana Perdana Menteri Narendra Modi diperkirakan akan menegaskan posisi India sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global.

Ketua WEF Klaus Schwab akan membuka KTT yang kali ini mengambil tema “Menciptakan Masa Depan Bersama dalam Dunia yang Terpecah.” Pembukaan acara ini akan diikuti dengan pemberian penghargaan “Crystal Awards” kepada bintang Bollywood Shahrukh Khan, aktris Australia Cate Blanchett dan musisi legendaris Elton John atas kinerja mereka untuk memulihkan kondisi dunia.

Acara pembukaan itu juga akan diisi dengan pertunjukkan balet, sementara India akan menjadi tuan rumah “resepsi” dengan masakan khasnya dan pertunjukkan yoga yang sudah berumur ratusan tahun, serta semangat inovasi New India, atau India Baru, konsep yang dicanangkan Perdana Menteri Modi.

Acara resmi baru akan dimulai hari Selasa (23/1) ketika Perdana Menteri Modi menyampaikan “pidato pembukaan” di mana ia diperkirakan akan menegaskan India sebagai negara dengan ekonomi terbuka yang siap bagi investasi dari seluruh dunia dan juga sebagai mesin utama yang mendorong pertumbuhan ekonomi global.

Modi adalah perdana menteri India pertama yang menghadiri KTT di Davos dalam 20 tahun, sejak HD Deve Gowda tahun 1997. Dalam lawatan selama 24 jam, yang digambarkan oleh para pejabat India sebagai “lawatan yang singkat tetapi sangat fokus,” Modi pada Senin malam juga akan melangsungkan makan malam dengan sejumlah CEO dari seluruh dunia, termasuk 20 pemimpin perusahaan India dan 40 pemimpin perusahaan dari negara-negara lain; dan berinteraksi dengan 120 pemimpin komunitas bisnis.

Secara terpisah Perdana Menteri Modi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Swiss Alain Berset.

Presiden Amerika Donald Trump akan menyampaikan pidato penutupan, tetapi tampaknya tidak akan mengadakan pertemuan dengan Modi karena kedua pemimpin tidak berada di kota yang sama pada hari yang sama.

Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi juga akan datang ke Davos, tetapi pejabat-pejabat di India mengatakan tidak ada pertemuan yang dijadwalkan antara Abbasi dan Modi.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, Presiden Perancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau adalah beberapa pemimpin yang dipastikan akan hadir dalam pertemuan tahunan ini. [em/al]

Sumber RSS / Copyright : voaindonesia.com