Ini Tips Sukses Bisnis Kos-Kosan

Jakarta – Properti tetap menjadi pilihan menarik dalam investasi, salah satunya adalah kos-kosan. Banyak pemain baru yang merasa sektor tersebut paling menguntungkan dibandingkan lainnya.

Cobalah Anda jalan-jalan ke daerah dekat kampus, tentunya Anda dapat melihat bagaimana geliat bisnis properti di sekitaran kampus.
Banyaknya pendatang baru yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat bisnis kos-kosan kian berkembang belakangan ini.

Walaupun terlihat sangat menarik dan merupakan bisnis yang stabil. Namun bukan berarti Anda bisa memulai bisnis kos-kosan dengan cara asal-asalan ya, Anda tetap harus mengetahui seluk-beluk bagaimana bisnis ini dapat berkembang serta termasuk keuntungan dan risikonya.

Ada beberapa faktor kunci yang harus Anda pertimbangkan saat akan memulai usaha kos-kosan, yaitu :

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Bila akan memulai bisnis di bidang properti, baik memulai bisnis kos-kosan maupun usaha properti lainnya, maka lokasi jadi hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Agar usaha ini dapat Anda kembangkan terus, dan banyak peminatnya.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan area kampus atau perkantoran/
industri. Sebisa mungkin kampus atau perkantoran itu dapat dicapai dari area kos-kosan hanya dengan berjalan kaki saja, sehingga dapat menghemat juga biaya transportasi mereka.

2. Sediakan Tempat yang Bersih, Aman dan Nyaman

Memulai bisnis kos-kosan maka Anda harus mampu memberikan jaminan
kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pada para anak kos. Misalnya memilikifasilitas pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai untuk tiap kamar. Anda perlu juga melakukan seleksi terhadap anak kos tersebut dan membuat aturan untuk tetap menjadi keamanan dan kenyamanan.

Anda perlu mengetahui identitas setiap anak kos yang Anda terima, misalnya dengan memberikan formulir khusus tentang data pribadi ataupun melakukan interview singkat saat penerimaan.

3. Dekat dengan Beberapa Akses

Walaupun lokasi kos-kosan yang Anda bangun sangat dekat dengan kampus ataupun area perkantoran, bukan berarti penyewa kosan Anda akan berdiam diri saja di kosan. Mereka juga tetap memerlukan akses yang mudah ke berbagai sarana hiburan, fasilitas umum, stasiun, terminal, ataupun bandara.

Oleh karenanya, pastikan akses baik sarana transportasi ataupun kendaraan pribadi saat akan memulai bisnis kos-kosan.

Semoga bermanfaat.

Sudah Siapkah Anda Ditahun 2018? Apakah Goal Secara Finance Anda Sudah Tercapai Ditahun 2017 Ini? Download Sekarang Juga Rangkuman “Financial Revolution” 3 Hari Seminar seharga Rp 1.997.000. Khusus Untuk 97 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS + Anda Berkesempatan Mendapatkan Kalender Tung Desem Waringin Edisi 2018 Yang Dijual Rp 99.000,- Secara GRATIS, klik di sini untuk Download. (mkj/mkj)

Sumber RSS / Copyright : detik.com