JAPFA4Kids Raih Anugerah CSR Health Promotion Tingkat Asia

JAPFA4Kids Raih Anugerah CSR Health Promotion Tingkat Asia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) meraih penghargaan CSR dalam ajang Asia Responsible Enterepreneur Awards (AREA). Penghargaan tersebut diraih JAPFA untuk program corporate social investment yang telah dilaksanakannya sejak tahun 2008, JAPFA4Kids untuk kategori health promotion.

“Kami tahu, memberi kail dan mengajari untuk memancing lebih baik daripada hanya memberikan ikan,” kata Chairman of Enterprise Asia Tan Sri Dr. Fong Chan Ann, Selasa (6/6).

“Namun perusahaan yang memenangkan penghargaan ini telah melakukan lebih dengan memastikan ikan bisa hidup di lautan tempat mereka mencari ikan (memancing),” tambahnya.

Pendekatan berkesinambungan merupakan salah satu faktor utama yang menjadi indikator tidak hanya bagi penghargaan ini tetapi juga menjadi platform penting dalam pengembangan CSR perusahaan. Lebih lanjut menurut Tan Sri Fong Can, desain CSR terdiri dari dua faktor.

Faktor pertama program merupakan inisiatif yang dapat terus berjalan karena dibangun sistemnya secara mandiri bersama dan di dalam masyarakat. Sedangkan faktor yang kedua terpenting adalah integrasi program CSR ke dalam tujuan dan kegiatan bisnis perusahaan.

“JAPFA4Kids merupakan salah satu bentuk komitmen JAPFA untuk mewujudkan visinya Berkembang MEnuju Kesejahteraan Bersama,”ujar Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director JAPFA. “JAPFA selalu berharap kehadirannya di unit usahanya tidak hanya memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha tetapi juga bagi masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Menurut Rachmat komitmen tersebut diwujudkan dengan membentuk Social Investment Department sejak tahun 2017. Departement ini nantinya yang bertugas untuk memastikan bahwa setiap program CSR JAPFA dibangun berdasarkan pendekatan berkesinambungan (sustainability) terutama dari aspek desain program baik program di tingkat korporat ataupun di bisnis unit.

”Prinsip sustainability diimplementasikan di JAPFA dengan menyentuh semua stakeholder dalam setiap implementasi program dan mendorong perubahan bersama-sama dengan masyarakat yang menjadi target group,” ujar Head of Social Investment & Corporate Communication JAPFA R. Artsanti Alif. ”Salah satu unggulannya adalah program JAPFA4Kids yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008,” lanjutnya.

Menurut Artsanti, program JAPFA4Kids merupakan inisiatif JAPFA untuk mengenalkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Konsumsi Gizi Seimbang dengan strategi meningkatkan kapasitas semua stakeholder sekolah mulai dari guru, siswa, hingga penjaga sekolah.

Melalui program pendampingan selama lebih dari enam bulan sekolah dipastikan terbangun sistem di dalam sekolah agar terbentuk budaya hidup bersih dan seha serta mendorong terbentuknya kantin sehat dan pemanfaatan lahan sekolah untuk pemenuhan konsumsi makanan bergizi.

”Pendekatan investasi sosial juga memastikan bahwa program yang dilaksanakan JAPFA akan terus berjalan dan memberikan dampak setelah sekolah tidak lagi didampingi,” jelas Artsanti. “Berangkat dari alasan tersebut, JAPFA mendorong guru untuk dapat menjadi champion dan agent of change di sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Copyright : jpnn.com