Jerman Memilih, Dunia Internasional Mengamati

Semua pandangan mengarah pada Jerman. Kali ini lebih dari biasanya. Kebanyakan memandang dengan rasa kagum. Beberapa merasa bingung dan bahkan iri pada Jerman yang bisa tetap stabil di tengah begitu banyaknya tantangan dan masalah. Sementara pihak lain khawatir akan kekuatan baru Jerman di jantung Eropa.  

Jerman dan kanselirnya Angela Merkel dianggap sebagai harapan terakhir Uni Eropa dan dituduh memaksakan peraturannya sendiri bagi Eropa untuk kepentingan Jerman sebagai raja ekspor dan “wunderkind” ekonomi.

Sikap baik hati atau jatuhnya westernisasi?

Tergantung di belahan dunia mana saya tengah berada, saya bertemu orang yang menganggap kerelaan Jerman menampung sejuta pengungsi sebagai sikap baik hati atau menyalahkannya sebagai penyebab berakhirnya Kristen Eropa.

Perbedaaan pendapat inilah yang akan menjadi fokus DW jelang kampanye pemilu mendatang. Jerman akan memilih parlemen baru tanggal 24 September. Sebagai media internasional Jerman, kami ingin berfokus pada apa yang tengah terjadi di dalam negeri. Apa yang membuat warga Jerman puas dengan kebijakan politik saat ini? Apakah Jerman siap menjadi negara kaum imigran? Ataukah kesuksesan populis sayap kanan merupakan bukti bahwa negara ini menuju ke arah yang tidak diinginkan oleh banyak pemilih?

Selain itu, kami akan menjelaskan penyebab keberhasilan ekonomi Jerman, bagaimana sistem pendidikan Jerman bekerja dan apa yang membedakannya dengan negara lain. Kami akan menampilkan para pemimpin politik, khususnya Angela Merkel – salah satu tokoh paling terkenal di dunia – yang tengah berkampanye menjadi kanselir untuk keempat kalinya. Apa yang bisa diharapkan dari mereka dan bagaimana arah kebijakan luar negerinya?

Dan masih ada banyak pertanyaan lagi: Seberapa pentingnya sekutu dan khususnya NATO? Siapa yang mendukung pembangunan dan siapa yang mendukung pengeluaran anggaran militer yang lebih besar? Bagaimana Jerman memandang perannya di dalam Uni Eropa?

Diskusikan dengan kami: Apa arti Jerman?

Kami ingin agar Anda terus berkomunikasi dengan kami. Lewat tagar #askDW, koresponden kami akan mengajukan pertanyaan dan menantikan jawaban Anda. Kami ingin mengetahui berita apa yang ingin Anda baca dan bagaimana sebaiknya kami menjelaskan tema-tema tertentu? Kami membutuhkan masukan dan pendapat Anda.

Saat kampanye pemilu, kami ingin menjadi tempat berdiskusi dalam 30 bahasa DW. Apa arti Jerman? Peran apa yang seharusnya dimiliki Jerman dalam masalah keamanan, NATO dan Uni Eropa? Apa harapan Anda terhadap pemerintahan yang terpilih? Apa kekhawatiran Anda? Apa kekuatan dan kelemahan Jerman yang Anda perhatikan?

Lewat Twitter, Facebook, TV dan situs kami, Anda akan menemukan tagar #JermanMemilih. Kami tunggu partisipasi Anda dalam diskusi. Jaringan reporter dan staf editorial di Berlin dan Bonn akan menjelaskan apa yang terjadi di Jerman dan tema kampanye apa yang penting, mulai dari sekarang hingga pemilu berakhir.

Copyright : dw.com