Jokowi Keukeuh Ingin Saham Freeport 51%

Rote Ndao – Pemerintah dan PT Freeport Indonesia (PTFI) saat ini masih terus bernegosiasi mengenai kepastian berusaha perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. Komponen penting yang masih dibahas antara lain divestasi saham hingga 51%.

Terkait divestasi saham Freeport Indonesia tersebut, Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak akan menyerah hingga mendapat porsi kepemilikan 51%, meskipun proses negosiasi masih berjalan alot hingga saat ini.

“Sudah tiga tahun nggak rampung, alot banget. Nggak apa-apa alot asalkan jangan mau kalah. Masak dapat 39% diam saja semuanya. Saya sudah perintahkan minimal 51%. Tapi tiga tahun belum tentu rampung,” kata Jokowi saat menghadiri Rakornas 2018 Bara JP yang digelar di auditorium Tilangga, Rote Ndao, NTT, Senin (8/1/2018).

Jokowi sendiri tak memerinci target penyelesaian negosiasi tersebut. Namun ia berjanji akan mengumumkannya bila seluruh proses negosiasi sudah rampung. Namun, yang pasti, kata dia, pemerintah tidak akan menyerah hingga memperoleh porsi saham yang lebih besar.

“Freeport lagi diurus. Kita ingin saham kita lebih besar. Nanti, kalau sudah rampung, saya akan jelaskan ke Bapak-Ibu semuanya,” kata Jokowi. (dna/bag)

Sumber RSS / Copyright : detik.com