KBRI Budapest gelar lomba esai tentang Indonesia bagi pelajar setempat

London (ANTARA News) – KBRI Budapest menggelar lomba mengarang esai bertema Indonesia, Unity in Diversity dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 diikuti pelajar Hongaria yang dimenangkan Matuszka Nikolett, Vivien Mihaly dan Kovag David dari SMA Szeged dan Szolnok.

Pemberian Piala serta hadiah kepada tiga pemenang tersebut diserahkan saat acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 bersamaah dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Warga Negara Hongaria “sahabat Indonesia” yang dinilai berjasa serta banyak membantu promosi Budaya Indonesia.
Penghargaan antara lain diberikan kepada Direktur Summerfest Szashalombatta,Szigetvari Joszep, yang setiap tahun mengundang grup kesenian Indonesia tampil di Festivalnya, kepada Stage Director Babel Sound Festival, Viszt Viktor serta pengurus Rondella Gallery menyediakan hall untuk acara Pameran foto karya Mario Blanco di kota Esztergom, Hongaria.

Duta Besar Indonesia untuk Hongaria, Weing Esthyprobo, mengatakan lomba tersebut digelar demi membangkitkan rasa ingin tahu para pelajar Hongaria terhadap Indonesia, demikian disampaikan Sabtu (19/8).
Wening mengaku dalam beberapa tahun terakhir terus berusaha menggaet perhatian remaja Hongaria terhadap Indonesia, di antaranya lewat program Indonesia Goes To School (IGTS).
Program tersebut dilakukan sembari membawa rombongan tim budaya dan kuliner di berbagai SMA di Hongaria. 
Lomba esai tentang Indonesia menjadi kelanjutan dari upayanya dan baru pertama kalinya diadakan demi memupuk bakat menulis sekaligus mendorong keinginan tahuan murid tentang Indonesia, yang secara geografis terletak sangat jauh dari Hongaria.
Pengumpulan esai dari para peserta dibuka sejak April-Juni 2017 dan diumumkan di 15 SMA setempat yang pernah dikunjungi program IGTS.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com