Kebakaran terjang California, tewaskan 40 orang

caiforniaHak atas foto Reuters
Image caption Kebakaran di California saat ini adalah kebakaran terparah sepanjang sejarah negara bagian itu.

Kebakaran hutan yang menerjang Negara Bagian California, Amerika Serikat, selama enam hari terakhir telah menewaskan sedikitnya 40 orang dan menghancurkan ribuan rumah.

Sedemikian dahsyat kebakaran tersebut, Gubernur Jerry Brown menjulukinya sebagai “salah satu tragedi terbesar” yang pernah dialami California.

Hingga saat ini lebih dari 10.000 petugas pemadam kebakaran masih berjuang meredakan api di 16 lokasi. Kecepatan angin yang mencapai 70 kilometer per jam mengakibatkan api cepat menyebar dan mempersulit kerja pemadam kebakaran.

Hak atas foto AFP/getty
Image caption Kebakaran hutan turut melalap perkebunan anggur di Napa Valley.

Salah satu daerah paling parah yang dilanda kebakaran adalah Kota Santa Rosa, di wilayah Sonoma. Sebanyak 3.000 orang dievakuasi dari kota itu, pada Sabtu (14/10).

“Kerusakannya bukan main. Ini horor yang tiada seorang pun bisa membayangkan,” kata Gubernur Jerry Brown saat berkunjung ke Santa Rosa.

Image caption Kebakaran hutan menerjang sejumlah kota dekat San Francisco.

Kebakaran hutan saat ini tercatat sebagai insiden terparah sepanjang sejarah California. Lebih dari 100.000 orang mengungsi dan berbagai kawasan permukiman musnah dilalap api.

Kebakaran ini menimbulkan kabut asap yang dapat dilihat di San Francisco dan beberapa kota lainnya di bagian selatan.

Sebuah kelompok pebisnis mengatakan bahwa sebanyak 13 perkebunan anggur di Napa Valley hancur. Seorang pemilik perkebunan di Santa Rosa mengaku kepada BBC bahwa kebakaran telah merusak anggur senilai jutaan dollar.

Sumber RSS / Copyright : bbci.co.uk