Kemendag Gandeng Ratusan Pondok Pesantren Gelar Pasar Murah

Solo – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng pondok pesantren untuk menggelar pasar murah. Saat ini setidaknya ada 200 pesantren di Indonesia yang menjadi mitra pemerintah untuk membagikan paket sembako.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, mengatakan pasar murah dimulai pada hari ini, Senin (5/6/2017). Kegiatan diperkirakan selesai pada 23 Juni mendatang.

“Ini lain dengan pasar murah biasanya. Biasanya masyarakat kan membeli menebus. Kalau ini ada charity-nya. Nanti seluruh hasilnya akan disumbangkan ke pondok pesantren,” katanya di pondok pesantren Al-Qur’anyy, Mangkuyudan, Solo.

Masyarakat yang telah memegang kupon bisa memperoleh paket sembako senilai Rp 110 ribu. Paket tersebut dibeli hanya seharga Rp 50 ribu.

“Saya bilang ke warga, niatnya harus sedekah. Kita berharap, dana dari penjualan juga berguna bagi pendidikan santri dan warga sekitar yang mengaji di pondok pesantren,” ungkap dia.

Adapun sumber dana pasar murah berasal dari bantuan corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta. Bantuan tersebut berbentuk bahan pangan.

“Satu titik kita sediakan 500 paket sembako. Satu paket berisi beras 2 kg, gula 2 kg, terigu 2 kg, minyak 2 liter dan sirup,” ujarnya. (dna/dna)

Copyright : detik.com