Kepala Bappenas Sebut Program RPJMN Sesuai Jalur

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan mayoritas program dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 sampai 2019 sudah sesuai dengan jalur (on track).

Hal itu disampaikan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo yang membahas draf Visi Indonesia 2045 sekaligus evaluasi paruh waktu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 hingga 2019 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

“(Evaluasi), ya, itu kita bagi tiga, ada yang masih perlu ekstra effort dan ada yang mungkin sulit tercapai, saya enggak kasih detailnya, tetapi mayoritas adalah on track dan perlu usaha ekstra dan yang minoritas yang susah dicapai,” kata Bambang.

Ia menyebutkan beberapa program yang susah dicapai pun ada beberapa indikator yang sejak awal susun sudah salah, baik secara target maupun definisi.

baca : Rancangan RPJMN 2015-2019 Belum Sesuai Nawacita Jokowi-JK

Namun, dia menegaskan secara umum sebagian besar sudah sesuai dengan jalurnya dan perlu usaha tambahan untuk mencapainya.

“On track artinya jarak dengan target sudah makin dekat atau bahkan terlewat,” katanya.

Angka yang sudah sesuai dengan jalur tersebut berdasarkan data, termasuk yang paling besar jumlahnya.

Jumlah program yang susah dicapai dikatakannya sebagian akan dihilangkan karena sejak awal dianggap telah salah susun target.

“Contohnya tax ratio susah capai 16 persen karena sekarang masih 11 persen, kemiskinan masih kuning (kemungkinan tercapai) sehingga perlu upaya tambahan untuk mencapai target 2019,” katanya.

Upaya keras yang akan dilakukan pemerintah, kata Bambang, di antaranya melalui anggaran dalam RKP 2018 maupun 2019. Beberapa program yang dianggap telah sesuai dengan jalurnya, yakni infrastruktur dan target inflasi.

(SAW)

Copyright : metrotvnews.com