Ketua MPR : Lebaran momen untuk tingkatkan persatuan

Jakarta (ANTARA News) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan menilai bahwa Hari Raya Idul Fitri dapat menjadi momen untuk meningkatkan persatuan masyarakat.

“Momen Lebaran ada silahturahmi, yang manfaatnya agar orang yang tadinya marahan jadi bertemu dan urusan jadi cair. Yang salah paham, jadi saling paham. Orang yang lagi marah, jadinya nggak marah lagi,” ujar Zulkifli saat ditemui di rumah dinas Ketua MPR, di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Minggu.

Oleh karena itu, mantan Menteri Kehutanan RI itu kemudian turut mengajak masyarakat memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri untuk mempererat silahturahmi, sehingga nilai-nilai saling menghormati dan menghargai kembali muncul dalam kehidupan sehari-hari, yang akhirnya memperkuat persatuan masyarakat.

“Silaturahmi itu asli Indonesia. Itulah nilai-nilai luhur Indonesia yang harus terus dirawat. Oleh karena itu, jadikan Lebaran juga sebagai pencipta kedamaian di Indonesia,” tutur Zulkifli.

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah perlu meninggalkan sikap saling berseberangan yang sempat memuncak pada pagelaran Pilkada DKI Jakarta yang lalu, dan lebih mengutamakan persatuan di Tanah Air.

“Lebaran ini, kita tinggalkan jauh-jauh perbedaan. Apalagi soal pilkada. Persatuan yang utama,” tambah Zulkifli.

Pada momen perayaan Hari Raya Idul Fitri ini, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga sempat menggelar kegiatan “open house” di rumah dinas Ketua MPR, di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Minggu.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan, dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar merupakan anggota Kabinet Kerja yang mendatangi rumah dinas mantan Menteri Kehutanan RI itu.

Adapula, mantan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria yang juga tiba pada Minggu sore.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta Ketua Dewan Penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang juga merupakan mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie turut menghadiri silahturahim tatap muka tersebut.

Tidak hanya para pejabat dalam negeri, berbagai perwakilan negara-negara sahabat, di antaranya dari Norwegia, Sudan, Iran, Malaysia, dan Singapura juga menyapa Ketua MPR di kediamannya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com