Kilas berita kemarin, seputar Lebaran hingga penyerangan polisi

Jakarta (ANTARA News) – Selain berita seputar Lebaran, peristiwa penyerangan polisi di Sumatera Utara juga menjadi berita yang layak Anda simak. Berikut rinciannya:

1. Senyum dan salaman Lebaran ala Presiden Jokowi

Layaknya tuan rumah yang menyambut para tamu di depan pintu gerbang kediaman secara suka cita, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para tamu yang bersilaturahim saat Idul Fitri 1438 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Minggu.

Suka cita dan suasana hatinya senang jelas terlihat dari senyum yang tak pernah lepas dari wajah Presiden Jokowi saat menerima tamu di kediaman secara terbuka (open house) bagi para pejabat negara, duta besar negara sahabat, hingga masyarakat kebanyakan di gedung yang dulunya dikenal dengan sebutan Istana Rijswijk.

Pakaian apa yang dikenakan Presiden, lalu siapa saja yang menemani Presiden menggelar open house? selengkapnya di sini

2. Saat umat Kristiani dan Islam saling ucap selamat usai ibadah

Hari Minggu (25/6), umat dua agama besar dunia, Kristen dan Islam, beribadah sesuai ajaran agama masing-masing dalam kerangka harmoni. Yang menjadikan Minggu ini istimewa, karena umat Islam berduyun-duyun melaksanakan sholat Idul Fitri 1438 Hijriah.

Begitu juga di Kupang, NTT, saat sebagian umat Kristiani yang pulang dari kebaktian dan misa di gereja masing-masing, mereka bersalaman dengan umat Muslim yang baru selesai menuaikan ibadah shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Lapangan Pangkalan Utama TNI AL XI/Kupang.

Selamat Hari Raya Idul Fitri dari umat Kristiani kepada umat Islam yang mereka temui, dan sebaliknya, selamat Hari Minggu, dari umat Islam kepada umat Kristiani yang berpasasan di jalan itu. Semuanya terjadi begitu saja, alami, tulus, dan spontan.

3. Doa umat Katedral untuk umat Islam di Idul Fitri

Umat Gereja Katedral Jakarta mengirimkan doa untuk umat Islam yang hari ini merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Ya Bapak, hari ini saudara-saudara kami umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri,” kata lektor dalam misa pukul 10.00 WIB di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu.

“Semoga umat Kristiani semakin berani menjalin kerja sama dan persaudaraan dengan umat agama lain dalam mewujudkan perdamaian,” jawab umat Katedral.

Dalam khotbahnya, Romo Mariono mengajak umat Kristiani untuk saling memaafkan, seperti halnya umat Islam yang bermaaf-maafan pada Hari Raya Idul Fitri.

Apalagi doa umat Katedral di Lebaran? Selengkapnya di sini

4. Lebaran bersama para pencari suaka

Berlebaran bersama keluarga, kerabat dan rekan-rekan tercinta sudah menjadi hal lumrah. Bagaimana rasanya jika Anda harus menghabiskan malam Lebaran bersama para pencari suaka dari Timur Tengah?

Adakah hidangan Lebaran khas Timur Tengah tersaji, apa saja yang mereka lakukan? Wartawan ANTARA News berkesempatan merekam dan mengabadikan momen itu.

Simak selengkapya di sini

5. Satu polisi tewas diserang di Markas Polda Sumatera Utara

Penyerangan berujung maut pada polisi terjadi lagi. Tidak tanggung-tanggung, kali ini bahkan penyerang bisa masuk ke dalam pos jaga Markas Polda Sumatera Utara dengan korban tewas Ajun Inspektur Satu Polisi M Sigalingging.

Dia tewas diserang orang tidak dikenal saat bertugas jaga di pintu keluar Markas Polda Sumatera Utara, di Medan, Minggu dinihari. Padahal hari-hari belakangan ini polisi meningkatkan kewaspadaan terkait persiapan Lebaran 2017.

Personel Pelayanan Markas Polda Sumatera Utara itu tewas setelah terluka tusuk di bagian pipi kanan, dagu, leher atas, dan dada kiri.

Selengkapnya di sini

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com