Klarifikasi soal Pesan Berantai Kereta Api Bandara Sudah Beroperasi

jpnn.com, JAKARTA – Belakangan beredar pesan berantai mengenai kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Dalam sebuah pesan tersebut dikatakan kereta bandara sudah beroperasi sejak 17 Agustus 2017.

Pengirim pesan hoaks itu dengan meyakinkan mengatakan bahwa kereta menuju bandara sudah bisa dinaiki dari Stasiun Utama Manggarai, Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper. Rute yang sama juga berlaku jika naik kereta dari Bandara Soetta.

Si pembuat pesan seolah-olah tahu betul informasi mengenai kereta bandara itu. Dia juga memberikan pesan bahwa dari Stasiun Manggarai, penumpang bisa transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan lainnya. Bisa ke Bekasi ataupun Bogor.

”Waktu tempuh setiap perjalanan kereta Bandara Soekarno Hatta diperkirakan kurang lebih 57 menit.” Demikian bunyi pesan tersebut.

Dalam informasi itu juga disebutkan jam operasional kereta. Setiap hari beroperasi dari pukul 04.00 hingga 00.00.

Kereta akan beroperasi sebanyak 124 perjalanan pergi pulang. Setiap kereta memiliki enam rangkaian gerbong dan dapat mengangkut 272 penumpang.

Agar lebih meyakinkan, dicantumkan pula informasi tambahan bahwa kereta Bandara Soekarno-Hatta dirancang dan dibangun PT Inka, menggunakan mesin Bombardier dari Jerman.

Menanggapi pesan berantai itu, PT Kereta Api Indonesia langsung memasang klarifikasi. Lewat akun ofisialnya di Instagram, mereka menyebut kabar itu hoaks.

Sumber RSS / Copyright : jpnn.com