Komisi XI Fit and Proper Test Ketua dan Waketu DK-OJK

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memanggil calon ketua dan wakil ketua (waketu) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK). Pemanggilan ini dalam rangka uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test dari nama-nama yang sudah diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Senin 5 Juni 2017, Komisi XI DPR memanggil empat nama dari total 14 nama yang ada. Mereka adalah Wimboh Santoso, Sigit Pramono, Agus Santoso, dan Riswinandi. Keempat nama ini akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk melihat kemampuan mereka.

Wimboh dan Sigit merupakan dua nama yang dicalonkan sebagai Ketua DK-OJK merangkap anggota untuk masa jabatan 2017-2022. Sementara Agus dan Riswandi adalah calon Wakil Ketua DK-OJK sebagai Ketua Komite Etik OJK merangkap anggota.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memilih sebanyak 14 calon dari 21 nama yang diserahkan oleh Panitia Seleksi (Pansel) OJK. Keputusan Presiden tertuang dalam Lampiran Surat Presiden Nomor R-18/Pres/03/2017 tanggal 22 Maret 2017.


Gedung OJK (Foto: dokumentasi OJK)

Sejak masa pendaftaran 18 Januari hingga 2 Februari ada 882 orang yang mencalonkan diri sebagai DK OJK. Mereka datang dari berbagai profesi tak terkecuali ketua dan anggota DK-OJK yang saat ini masih menjabat.

Sementara itu, DPR memiliki waktu hingga 12 Juni untuk menetapkan tujuh nama ketua, wakil ketua, serta anggota DK-OJK. Sebab paling lambat 20 Juli 2017 para pimpinan di lembaga pengawasan industri keuangan ini harus sudah dilantik oleh Presiden Jokowi.

(ABD)

Copyright : metrotvnews.com