Komsos Sebagai Faktor Penting Keberhasilan TMMD ke 100

Komsos Sebagai Faktor Penting Keberhasilan TMMD ke 100

Purwakarta (WartaMerdeka.id) – Sujadi, warga Margaluyu senang dengan adanya kehadiran prajurit TNI AD yang melaksanakan program TMMD, jadi banyak pembangunan dilakukan di desanya. “Kalau jalanan mudah dilalui, kita untuk usaha dan menganar keluarga jadi lebih mudah kan,” ungkap Sujadi sambil berterima kasih kepada prajurit TNI.

Dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD, salah satu unsur penting yang harus diemban adalah komunikasi sosial (komsos). Karena bila komunikasi sosial antara prajurit TNI dengan masyarakat di desa tidak berjalan baik, maka akan sulit tercapai hasil yang optimal dari pelaksanaan TMMD itu sendiri.

Komsos yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Carwita, misalnya, kepada  perangkat Desa Margaluyu Kecamatan Kiara Pedes di Kabupaten Purwakarta, adalah menjadi faktor penting. Pasalnya,  karena Serda Carwita dengan kemampuan komsosnya, dapat menjelaskan bahwa akan ada kegiatan TMMD ke-100 dengan berbagai kegiatan, serta menggambarkan hasil yang menguntungkan bagi masyarakat setempat.

Hal tersebutlah yang dilakukan oleh Babinsa di Desa Margaluyu yang memang diinstruksikan dari jajaran Koramil 1901/Wanayasa dan Kodim 0619 Purwakarta untuk senantiasa bekerjasama dengan masyarakat,

Peran aktif Babinsa Desa Margaluyu yang selalu menyampaikan tentang perkembangan situasi Kamtibmas inilah, yang membuat Desa Margaluyu selama ini tetap terkendali dan aman (SM)