Korut Uji Coba Lagi Misil Balistik

Korea Utara menguji-coba satu lagi misil balistik jarak dekat Senin pagi (29/5), hanya beberapa hari setelah KTT G7 menuntut agar Pyongyang menghentikan ambisi nuklirnya.

Komando Pasifik Amerika mengatakan tempat peluncuran itu dekat kota Wonsan di pantai timur Korea Utara. Komando tersebut melacak misil itu selama enam menit sebelum jatuh ke Laut Jepang, dalam apa yang disebut zona ekonomi eksklusif Jepang.

Komando Pasifik Amerika mengatakan misil tersebut tidak mengancam Amerika Utara. Tetapi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dengan marah berjanji akan membalasnya.

“Dengan bekerjasama dengan Amerika Serikat, kita akan mengambil langkah tertentu untuk menjera Korea Utara,” kata Abe pada televisi Jepang.

Pemerintahan Trump, sekalipun telah mengeluarkan ucapan keras terhadap Utara dan pemimpinnya Kim Jong Un, namun belum membuat kebijakan yang tegas mengenai cara bereaksi terhadap Pyongyang.

Namun, Menteri Pertahanan Amerika James Mattis memperingatkan dalam acara televise Minggu pagi bahwa kalau solusi diplomatik tidak dapat ditemukan bagi keadaan dengan Korea Utara “dan kalau ini berubah menjadi pertempuran, perang tersebut akan sangat dahsyat.” [gp]

Copyright : voaindonesia.com