KRI Bung Tomo-357 Bertolak dari Cyprus

KRI Bung Tomo

Limassol (WMI) KRI Bung Tomo-357 yang diawaki oleh Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL bertolak dari dermaga Limassol Cyprus, untuk melaksanakan pelayaran dibawah misi PBB, dalam rangka mengamankan laut Mediterania dari kegiatan ilegal yang dapat mengancam perdamaian di Lebanon, sebelum kembali ke pelabuhan Beirut Lebanon. Jum’at  (02/06).

KRI Bung Tomo-357 yang dikomandani oleh Kolonel Laut  (P) Heri Triwibowo merapat di dermaga Limassol Cyprus pada tanggal 31 Mei 2017, dalam rangka melaksanakan bekal ulang. Kedatangan Kapal Perang Fregate milik Indonesia ini di Limassol disambut langsung oleh Atase Pertahanan RI untuk Italia Kolonel Laut  (P) Bambang Darmawan.

Tidak lama setelah sandar, Komandan KRI Bung Tomo-357, dan 2 (dua) orang perwira KRI, dengan didampingi oleh Athan untuk mengikuti agenda kegiatan yang sangat padat. Salah satunya adalah mengikuti latihan ARGONAUT 2017 dalam rangka mewakili Indonesia sebagai salah satu negara observer pada latihan bertaraf internasional tersebut.

Latihan Argonaut adalah latihan gabungan yang diikuti oleh 18 negara, untuk melatih kerjasama staf sipil dan militer dalam menanggulangi masalah kemanusiaan seperti, evakuasi korban bencana alam, korban pembajakan pesawat, kecelakaan di laut maupun korban konflik akibat perang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 31 Mei sampai dengan tanggal 2 Juni 2017.

Di tempat lain dan di hari yang sama, sebagai sarana refreshing seluruh prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL beserta beberapa personel Satgas FHQSU, INDOBATT, SEMPU, FPC,  dan MCOU yang mengikuti pelayaran ke Cyprus melaksanakan tour wisata terpimpin ke beberapa tempat bersejarah di Cyprus, antara lain; theater Hellenistic yang dibangun pada abad kedua sebelum Masehi, Eustolios House peninggalan Romawi, gereja lukis, Corallia Beach serta beberapa tempat bersejarah lainnya.

Setelah 3  (tiga) hari sandar di dermaga Limassol Cyprus, akhirnya KRI Bung Tomo-357 kembali bertolak ke Lebanon untuk melanjutkan misi perdamaian di Area of Maritime Operation (AMO). Sebelum bertolak ke AMO, Kolonel Laut  (P) Bambang Darmawan selaku Atase Pertahanan RI untuk Italia/Cyprus, berpesan kepada seluruh prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL, agar  senantiasa memberikan yang terbaik bagi TNI, bangsa dan negara. ” 3 bulan lagi kalian akan kembali ke Tanah Air, oleh sebab itu pertahankan dan tingkatkan terus prestasi yang sudah tercapai, jaga nama baik TNI dimanapun berada, dengan selalu berhati-hati dalam setiap kata dan perbuatan, tingkatkan prestasi dengan kerja keras dan kerja ikhlas”, ujarnya. (sm)

Foto : Dispenarmatim