Arti Tulisan di Kursi Kondangan yang Dipakai Anak Tercantik Korea

Jakarta – Sebuah kursi kondangan antik asal mendadak menarik perhatian banyak pihak. Kursi itu tenar lantaran dipakai sebagai properti oleh anak tercantik di Korea, Lee Eun Chae-Papa saat melakukan sesi pemotretan.

Di foto yang dipamerkan di Instagram studio foto Korea, Bao Studio by Kids Planet terpampang kursi jadul bertuliskan Sekar-Tanjung Kismantoro.

Sebenarnya tulisan itu merupakan nama usaha penyewaan kursi di Crabak, Gambiranom, Kismantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Usaha penyewaan kursi itu dimiliki oleh Sunardi.

Pria yang kini berusia 61 tahun itu mengaku memberi nama usaha terinspirasi dari pohon tanjung yang tumbuh di sekitar rumahnya. Pohon yang berasal dari India, Sri Lanka dan Burma itu berbunga.

“Ya dari situ saya kasih nama Sekar-Tanjung yang artinya bunga tanjung. Nah kalau Kismantoro nama daerah saya,” terangnya kepada detikFinance, Jumat (26/1/2018).

Sunardi sendiri memiliki kursi tersebut sejak 1995 saat usahanya berdiri. Dia memperoleh kursi tersebut dari seorang pengusaha mebel asal Ponorogo yang bernama Abdullah.

“Sekarang Pak Abdullah sudah meninggal. Saya beli sekitar 900 kursi dari beliau,” terangnya.

Sunardi mengaku membelinya di harga Rp 11.000 per unit. Lalu kursi tersebut dia cat dan dilabeli dengan nama usaha dagangnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kursi tersebut kurang diminati. Demi mempertahankan usahanya, dia menggantinya menjadi kursi plastik yang dibalut kain.

Akhirnya Sunardi mulai menjual kursinya itu ke desa-desa di sekitarnya, sampai tersisa sekitar 500 unit. Namun kursinya tak lagi diminati.

Sampai akhirnya, pada 2015 Sunardi bertemu dengan kolektor asal Bali yang bernama Misni yang berani memborong semua kursinya itu. Namun dia hanya melepas 490 unit di harga Rp 35.000. Sisanya dia simpan di rumah sebagai kenangan.

Menurut Sunardi, si kolektor itulah yang menjualnya dan bisa sampai di Korea. Dia sendiri mengaku kaget kursinya bisa sampai Korea.

(zlf/zlf)

Sumber RSS / Copyright : detik.com