Lantamal III Gelar Nobar Film G30S PKI untuk Siswa SMKN

Lantamal III Gelar Nobar Film G30S PKI untuk Siswa SMKN - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta menayangkan film sejarah Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) untuk kegiatan nonton bareng (nobar) di Auditorium Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 36, Jalan Baru Kosambi III Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (27/09).

Sebelum Nobar dimulai, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal III Letkol Laut (P) Agus Djatmiko mengatakan kegiatan tersebut selain untuk mengingatkan kembali peristiwa pemberontakan G30S/PKI tahun 1965 khususnya bagi generasi muda yang tidak mengerti tentang PKI dan bahaya latennya. Kegiatan tersebut juga untuk membentengi generasi muda terhadap munculnya kembali paham komunis Indonesia sesuai Surat Telegram Panglima TNI Nomor 1192/2017 tanggal 18 September 2017 tentang Penyelenggaraan Nonton Bareng Film G30S/PKI.

“Dapat dipastikan pada saat peristiwa tersebut terjadi adik-adik sekalian belum lahir, oleh karena itu mari kita saksikan bersama tayangan film sejarah G30S/PKI untuk kita kenang bahwa peristiwa tersebut memang terjadi dan mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmahnya,” kata Kadispotmar Lantamal III seperti keterangan tertulis Dispen Lantamal III Jakarta.

Sebanyak 301 orang yang terdiri dari siswa, guru dan karyawan SMKN 36 serta personel Lantamal III nampak antusias menyaksikan film yang menceritakan sejarah kelam Bangsa Indonesia pada peristiwa pengkhianatan PKI yang terjadi pada 30 September 1965 lalu hingga usai.

Pada hari yang sama di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung Jakarta juga digelar acara nobar yang dihadiri sekitar 232 Prajurit TNI AL dari Satkor, Satfib, Satban, Dislambair, Kopaska dan Gabungan unsur Kolinlamil, Satkamla serta Fasharkan Jakarta.(fri/jpnn)

Sumber RSS / Copyright : jpnn.com