Laporan Pertandingan: Madura United 2-0 Persipura Jayapura

Dua kartu merah mewarnai laga yang didominasi oleh Madura United sebagai tuan rumah.



OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter


Persipura Jayapura kembali menuai hasil pahit pada lawatan mereka ke markas Madura United, Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (7/6) malam. Tim arahan pelatih Liestiadi itu harus takluk dua gol tanpa balas dari Madura United.

Hingga pekan sepuluh Liga 1 2017, Persipura telah menelan empat kekalahan dan posisi Liestiadi makin panas di kursi pelatih tim Mutiara Hitam. Sementara Madura United terus bersaing di papan atas dengan total 19 poin.

Babak Pertama

Madura United sebagai tuan rumah berusaha membuka keunggulan lebih awal dengan menerapkan permainan menyerang. Persipura selaku tim tamu bermain lamban dan cukup terintimidasi tempo Laskar Sapeh Kerrab.

Rentetan ancaman ditebar Madura United dari mulai usaha Dane Milovanovic hingga tendangan marquee player Peter Odemwingie pada menit ke-9 lewat tendangannya yang masih melebar dari gawang kawalan Yoo Jae-Hoon.

Persipura tak bisa berbuat banyak pada laga ini, Ian Louis Kabes menerima kartu kuning pada menit ke-24 karena protes berlebihan kepada wasit, pun dengan kapten Boaz Solossa. Skor 0-0 hingga laga berjalan setengah jam.

Kebuntuan Madura United akhirnya pecah pada menit 38′ melalui Greg Nwokolo yang berhasil menceploskan bola dengan tenang usai memanfaatkan eror dari antisipasi pemain belakang Persipura. 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Demi menambah daya dobrak, Persipura memainkan Addison Alves untuk menggantikan Elisa Basna pada babak kedua. Madura United yang sudah unggul tak mau kalah, Bayu Gatra dan Guntur Ariyadi masuk gantikan Fandi Eko dan Saldi.

Menit 49′ determinasi Boaz Solossa memberikan ancaman ke pertahanan Madura United, sayangnya tendangan sang kapten tak berbuah hasil, pun dengan umpan silangnya. Pertahanan Madura United juga cukup stabil pada laga ini.

Keadaan Persipura tambah parah pada menit ke-60, Boaz harus menerima kartu kuning kedua yang artinya meninggalkan tim Mutiara Hitam bermain dengan sepuluh pemain tersisa. Penalti didapat Madura United dan menjadi gol berkat eksekusi Odemwingie.

Bukan hanya pemain Persipura yang dalam tekanan, namun juga pelatih Liestiadi di sisi lapangan karena segelintir suporter Persipura berteriak meminta Liestiadi mundur.

Pada pengujung laga, Madura United juga bermain dengan sepuluh pemain karena Guntur Ariyadi juga diusir wasit karena kartu merah. Dua menit waktu tambahan, dan skor 2-0 tak berubah.

Susunan Pemain

Madura United: Hary Prasetyo; Rizky Febriyanto, Fabiano Beltrame, Munhar, Eriyanto; Dane Milovanovic (72′ Elthon Maran), Asep Berlian, Fandi Eko Utomo (47′ Guntur Ariyadi); Greg Nwokolo, Peter Odemwingie, Saldi (46′ Bayu Gatra).

Persipura: Yoo Jae-Hoon; Yustinus Pae, Dominggus Fakdawer (36′ M Tahir), Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi; Elisa Basna (46′ Addison Alves), Yan Nasadit, Ian Kabes, Nelson Alom; Boaz Solossa, Priska Womsiwor (65′ Imanuel Wanggai).

Copyright : Goal.com