Laporan Pertandingan: PSM Makassar 0–1 Bali United


OLEH   DONNY AFRONI


PSM Makassar menelan dua pil pahit dalam laga kandang mereka. Selain mendapatkan kekalahan di Stadion Andi Mattalatta untuk kali pertama setelah dipaksa menelan kekalahan 1-0 dari Bali United, Senin (6/11) malam WIB, peluang juara mereka juga menjadi tipis.

Hasil ini mengantarkan Bali United ke puncak klasemen sementara dengan koleksi nilai 65, unggul dua poin dari Bhayangkara FC. Di laga pamungkas, Bali United akan menjamu Persegres Gresik United, sedangkan PSM yang kini tertinggal tiga angka harus menyambut kedatangan Madura United.

Babak pertama

Pertarungan antara PSM dan Bali United berlangsung menarik. PSM yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya, dan berambisi meraih kemenangan menerapkan permainan ofensif sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Di lain sisi, Bali United lebih terkesan menunggu, dan mengandalkan serangan balik.

Walau bermain menyerang, tidak mudah bagi PSM menembus lini pertahanan Bali United yang cukup solid. PSM sempat membuat bek Bali United kewalahan di menit ke-21 ketika M Rahmat menerima umpan terobosan. Hanya saja, Ahn Byung Keon mampu menutup ruang Rahmat sebelum melepaskan tendangan berbahaya.

Sedangkan Bali United yang mencoba melakukan serangan balik kerap menemui jalan buntu. Upaya Serdadu Tridatu sudah bisa dipatahkan PSM mulai dari lini tengah, sehingga tidak ada ancaman serius yang didapat tuan rumah.

Penyelamatan gemilang dilakukan kiper Wawan Hendrawan pada menit ke-40 saat ia terbang menepis bola tendangan keras Marc Klok dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut atas gawannya.

Insiden memalukan terjadi satu menit kemudian ketika dua penggawa Bali United, Stefano Lilipaly dan Sylvano Comvalius, justru nyaris saling baku hantam, sehingga harus dipisahkan rekan-rekannya. Selang beberapa menit kemudian, Wawan kembali melakukan penyelamatan menepis tandukan Hamka Hamzah. Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.

Babak kedua

PSM yang menemui jalan buntu menjebol gawang Bali United tidak mengubah permainan agresif mereka di babak kedua. Sebaliknya, tim tamu lebih berani bermain terbuka dibandingkan paruh pertama.

Pada menit ke-52, peluang diperoleh Comvalius, tapi sepakan kerasnya dari jarak dekat diblok kiper Rivki Mokodompit. Selang tiga menit kemudian, giliran Rahmat yang menebar ancaman di gawang Bali United. Namun tendangannya mengarah ke pelukan Wawan.

PSM melanjutkan teror mereka di pertahanan Bali United. Pada menit ke-61, pemain pengganti Titus Bonai mendapatkan kans untuk memecah kebuntuan, sayangnya, tendangan Tibo menyamping di sisi kanan gawang.

Setelah peluang Rizki Pellu digagalkan Wawan di menit ke-69, Bali United nyaris membuka keunggulan pada menit ke-76. Fadil Sausu melepaskan tendangan bebas dari sisi kanan serangan yang mengarah langsung ke gawang, sehingga Rivki berjibaku menepis bola.

Kegagalan memaksimalkan sejumlah peluang membuat PSM harus membayar mahal. Melalui serangan balik di masa injury time, pemain yang sempat berseteru di babak pertama justru menjadi bintang kemenangan Bali United. Umpan Comvalius diselesaikan Lilipaly untuk menjebol gawang PSM, sehingga Serdadu Tridatu membawa pulang tiga poin.

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Wasyiat Hasbullah, Steven Paulle, Marc Klok, Rizky Pellu (Arfan 87′), Willem Jan Pluim, M Rahmat (Purishkin 73′), Zulham Zamrun (Tibo 60′), Ferdinand Sinaga.
Cadangan: Deny Marsel; Ardan Aras, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Titus Bonai, Muhammad Arfan, Pavel Purishkin.

Pelatih: Robert Rene Alberts

Bali United: Wawan Hendrawan; Ricky Fajrin, Ahn Byung Keon (Ngurah Wahyu 46′), Agus Nova, Dias Angga Putra (Hasim 77′), Nick Van Der Velden, I Gede Sukadana (Fadil 72′), Taufiq, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius.
Cadangan: I Made Wardhana; AA Ngurah Wahyu, Hasim Kipuw, Fadil Sausu, Marcos Flores, Yabes Roni, Yandi Sofyan.

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Footer Goal Indonesia Instagram

Sumber RSS / Copyright : goal.com