Latihan Bersama TNI AL dan US Navy Siap Dilaksanakan

Latihan Bersama TNI AL dan US Navy

Surabaya (WartaMerdeka.id) – Untuk melaksanakan latihan bersama antara TNI AL dan United States/US. Navy dengan sandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017, kedua belah pihak melaksanakan Rapat Final Planning Conference di Terrace Room Hotel Sheraton, Surabaya (13/07).

Dalam rapat yang diselenggarakan mulai tanggal 12 hingga 14 Juli 2017, Ketua Delegasi Indonesia dari TNI AL Kolonel Laut (P) Agus Hariadi dan Ketua Delegasi Amerika dari US. Navy Comdesron 7 Captain Alexis T. Walker menyampaikan bahwa sebelum melaksanakan latihan bersama Carat 2017, agar tiap-tiap kelompok melaksanakan working group discussion, sehingga rencana yang telah disepakati dapat dipertajam dan tentunya terlaksana dengan baik dan sesuai prosedur.

Selama tersebut, selain melaksanakan diskusi grup, latihan akan melibatkan kapal perang kedua negara, Pesud dari Puspenerbal dan US.Navy, serta Navy Seal, Satkopaska Koarmatim, Penyelam dan Marinir dari kedua negara yang selanjutnya melaksanakan survey lokasi yang akan menjadi tempat melaksanakan latihan.

Kegiatan Carat 2017 tidak hanya melaksanakan latihan tempur akan tetapi dalam grup Comserv dan Public Affair, serta TNI AL dan US Navy mendekatkan diri dengan masyarakat Surabaya melalui kolaborasi Joint Band ke SMA 9 Surabaya, SMA Barunawati dan Universitas Airlangga melaksanakan Performance dari Seventh Fleet Band US.Navy di Mall Tunjungan Plaza, Surabaya Town Square dan radio RRI. Selain itu adapun kegiatan sosial dari TNI AL dan US.Navy yaitu mengunjungi Sekolah Panti Asuhan Yayasan Mandiri di Sidoarjo.

Rencana kegiatan yang akan berlangsung pada September 2017, dijelaskan oleh Ketua Delegasi Indonesia, diyakini dan percaya akan profesionalisme kedua angkatan laut yaitu Indonesia dan Amerika dapat berkerjasama dalam Carat. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan ke sekian kalinya di gelar dan semakin mempererat hubungan antara kedua negara (TQM).

Foto: Dispenarmatim