Latihan dialog di toilet kereta, aktor drama disangka teroris

Kereta apiHak atas foto Getty Images
Image caption Pemain drama memutuskan berlatih dalam toilet karena tidak ingin mengganggu penumpang kereta lainnya.

Ketika seorang kondektur kereta mendengar kata-kata dalam Inggris yang artinya “pistol” dan “senjata” dari sebuah toilet dalam kereta berkecepatan tinggi yang melintasi Prancis selatan, ia takut terjadi sesuatu yang buruk.

Sehari setelah seorang penyerang digagalkan di luar Katedral Notre-Dame di Paris, ketegangan meningkat saat polisi menjaga stasiun kereta di kota Valence.

Namun ternyata orang yang dicurigai sebagai penyerang dalam toilet kereta itu hanyalah seorang aktor drama yang tengah berlatih untuk salah satu adegan film.

Ia lalu dibawa keluar dari kereta untuk diinterogasi dan akhirnya dibebaskan.

Drama itu terjadi pada hari Rabu sore (07/06) saat kereta berkecepatan tinggi TGV meluncur melewati pedesaan Prancis dalam perjalanan dari Marseille ke Paris, lapor situs Bleu France.

Obrolan mencurigakan yang berasal dari toilet berlangsung beberapa waktu.

Pria, berusia 35 tahun yang merupakan aktor komedi Paris yang tidak disebutkan namanya tersebut terdengar berbicara dengan suara keras dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Belanda. Namun, tidak diketahui ia tengah berlatih peran apa.

Kondektur lantas memutuskan untuk bertindak, memberi tahu atasannya yang lalu menghubungi polisi setempat.

Akibatnya kereta cepat TGV harus berhenti di luar jadwal di Valence dan bahkan pihak militer pun dilibatkan. Ini memang tidak mengejutkan, mengingat Prancis berada dalam situasi darurat dan kurang dari dua tahun yang lalu, sebuah kereta ekspres di Prancis jadi sasaran serangan teror.

“Mengingat situasi terkait terorisme dan tingkat kewaspadaan saat ini, kondektur tersebut ingin menghindari risiko atau keraguan dan meminta orang tersebut untuk diinterogasi,” kata seorang juru bicara perusahaan kereta api Prancis SNCF kepada kantor berita AFP.

Pria yang dicurigai tersebut kemudian dibawa ke kantor polisi di luar kota Valence untuk diinterogasi, tapi ia dilepaskan setelah diketahui tidak berbahaya.

Ia mengatakan tengah menyiapkan diri untuk audisi dan memilih untuk berlatih di toilet agar tidak mengganggu penumpang lainnya yang berada di gerbong kelas satu.

Meski pemain drama yang tidak disebutkan namanya itu ketinggalan kereta, seorang komentator Prancis mengatakan bahwa paling tidak aktingnya sudah meyakinkan.

Copyright : bbci.co.uk