Lebaran, Konsumsi Listrik Jawa Bali Turun hingga 8.000 MW

Metrotvnews.com, Cinere: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan akan terjadi penurunan konsumsi listrik di Jawa-Bali sekitar 8.000 megawatt (mw) pada Lebaran Idul Fitri 2017.

Hal itu dikatakannya setelah meninjau kehandalan listrik Jawa-Bali di Pusat Pengatur Beban, Cinere, Jawa Barat. Ia mengatakan penurunan konsumsi listrik tersebut dikarenakan industri libur saat menjelang dan hari raya.

“Kalau tadi menurut informasi, kalau untuk Jawa-Bali turun dari 24 ribu mw ke 16 ribu mw. Jadi turun. Karena apa? Karena industri banyak yang libur,” kata Jonan di Pusat Pengatur Beban, Cinere, Jawa Barat, Kamis 15 Juni 2017.

Baca: PLN: Lebaran akan Terjadi Perpindahan Beban Puncak

Penurunan terbesar akan terjadi di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Kendati demikian, Jonan menyebutkan di daerah lain seperti daerah wisata di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, akan mengalami peningkatan konsumsi listrik karena banyaknya masyarakat yang berlibur atau pulang kampung.

“Kalau dari wisata, Bali juga naik, dan sebagian daerah wisata di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, PLN akan fokus karena permintaan listrik pasti naik,” jelas dia.

Dibandingkan tahun sebelumnya, berdasarkan catatan Metrotvnews.com, penurunan konsumsi listrik saat Lebaran memang terjadi rutin setiap tahun. Pada 2016, terjadi penurunan sebanyak 30 persen dari konsumsi harian sekitar 24.589 mw.

Sementara untuk DKI Jakarta dan Banten pada tahun lalu mengalami penurunan? 50 persen dari penggunaan listrik harian sekitar 10.065 mw menjadi 5.032,5 mw.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir memperkirakan pemakaian listrik untuk wilayah Jawa-Bali di pada Lebaran akan berkurang hingga 40 persen dibanding pemakaian listrik di hari kerja biasa.

“Pada saat Lebaran nanti, daya mampu netto pembangkit sistem Jawa Bali adalah sebesar 33.480 mw. Jumlah ini cukup untuk melayani beban puncak Lebaran yang diperkirakan mencapai 16.560 mw,” pungkas Sofyan.

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com