Lepas Pemudik, Menteri ESDM Cek Kesiapan Kondisi Bus

Menteri ESDM Ignasius Jonan saat melakukan prosesi pelepasan mudik gratis. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberangkatkan 29 unit bus mudik gratis ke berbagai tujuan. Program ini hasil kerja sama Kementerian ESDM bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi.

Menteri ESDM Ignasius Jonan yang melakukan prosesi pelepasan mudik gratis, menyempatkan diri untuk mengecek kondisi bus sebelum berangkat. Dirinya memastikan bus memiliki stiker biru yang menandakan sudah lolos uji kelaikan kendaraan atau ramp check dari Kementerian Perhubungan.

“Sebelum diberangkatkan, saya lihat dulu busnya. Saya kan dulu menjadi Menteri Perhubungan, kalau enggak ada stikernya terus saya berangkatkan bisa bahaya. Sabuk pengamannya juga harus ada,” kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis 22 Juni 2017.


Kementerian ESDM memberangkatkan pemudik menggunakan 29 bus. (FOTO: MTVN/Eko)

Jonan mengingatkan agar para pengemudi bus memiliki stamina yang cukup, terlebih lagi untuk tujuan jarak jauh seperti Surabaya dan Malang. Jika merasa kelelahan maka para pengemudi diminta untuk berisitirahat terlebih dahulu.

“Kepada para supir, apabila mengantuk tolong jangan dipaksa. Yang penting selamat sampai tujuan dan bisa kumpul bersama keluarga,” jelas dia.

Total ada 1.224 penumpang yang diberangkatkan dengan 29 bus. Adapun tujuan mudik gratis ini ke beberapa daerah seperti Jawa Tengah, seperti Solo, Yogyakarta dan Jawa Timur, yaitu Malang dan Surabaya. Sementara itu, seluruh unit bus tersebut disponsori oleh perusahaan-perusahaan BUMN di sektor ESDM, seperti PT Pertamina, PT PLN, PT PGN, PT Bukit Asam, PT Timah, dan PT Aneka Tambang (Antam).

(AHL)

Copyright : metrotvnews.com