Luhut: Tidak Ada Penjualan BUMN Buat Bayar Utang

Jakarta – Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan meluruskan pemberitaan yang menyebutkan adanya usulan penjualan BUMN ke pihak swasta. Menurutnya, yang didorong adalah kerja sama pemanfaatan pelabuhan pemerintah yang dilakukan dengan swasta.

Hal itu kata dia guna mendorong terjadinya efisiensi biaya pengelolaan pelabuhan yang selama ini ditanggung oleh pemerintah.

“Tidak ada penjualan itu. Yang dilakukan itu kerja sama, sehingga pihak swasta juga berkembang. Jadi kalau kita dibilang jual BUMN untuk bayar utang, itu penyesatan informasi,” katanya dalam acara Coffee Morning di kantornya, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Dia bilang, ada beberapa tempat yang saat ini sedang disiapkan untuk dikerjasamakan dengan swasta. Di antaranya Pelabuhan Sintete di Kalimantan Barat dan pembangunan pelabuhan di Jawa Timur.

“Ini membuat efisiensi sehingga dana itu bisa dipakai lagi untuk tempat lain. Karena kalau pakai APBN saja, tidak akan cukup. Sehingga pihak swasta juga bisa menikmati dan akan lebih efisien juga pengelolaannya. Karena kalau pihak swasta yang main, dia akan hitung dengan detail investasinya dia,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengusulkan untuk melakukan penataan BUMN dengan cara menjual BUMN. Hal ini menyusul adanya tanggapan terkait dominasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ekonomi dalam negeri. (eds/ang)

Sumber RSS / Copyright : detik.com