Mangkrak 22 Tahun, Tol Becakayu Diresmikan Jokowi Bulan Depan

Jakarta – Sebagian ruas tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) sepanjang 8 kilometer (km), yang menyambungkan seksi 1b dan 1c (Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna), segera beroperasi awal bulan November mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan saat ini progres konstruksi 1b dan 1c telah mencapai tahap finishing dan ditargetkan pada akhir bulan ini bisa dilakukan uji coba sebelum akhirnya diresmikan.

“Ini lagi kita finalkan bulan ini. Masih ada sedikit lagi sih, kalau lihat di lapangan ada ngecor pelat sedikit. Mudah-mudahan awal bulan depan (November) bisa diresmikan ya,” katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Sebelumnya pada hari Minggu (22/10/2017) sore lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, datang meninjau langsung kesiapan tol ini untuk dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengoperasiannya.

“Saya ingin melihat langsung ke lapangan progres Tol Becakayu dan akan saya laporkan kepada Presiden di sidang kabinet,” tutur Basuki.

Mangkrak 22 Tahun, Tol Becakayu Diresmikan Jokowi Bulan DepanFoto: Dok. Kementerian PUPR

Saat ini progres konstruksi tol yang sudah dimulai sejak 1995 ini telah mencapai progres keseluruhan 45,61%, dari total panjang 21,04 km dan terdiri atas 2 seksi.

Sementara seksi 1b dan 1c akan dioperasionalkan, seksi 1a dari DI Panjaitan-Cipinang sepanjang 3,19 km ditargetkan rampung pada April 2018. Sedang untuk keseluruhan, jalan tol ini ditargetkan baru beroperasi pada tahun 2021.

Adapun sebelum diresmikan nanti, akan digelar festival jalan tol sebagai bagian dari sosialisasi penggunaan Tol Becakayu. Meski baru sebagian yang diresmikan, namun kehadiran tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek yang kerap mengalami penumpukan volume kendaran di Gerbang Tol Halim.

Kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas jalan serta menambah pilihan pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat. Saat ini waktu tempuh bagi warga Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, diharapkan menjadi lebih singkat menjadi satu setengah jam perjalanan. (eds/wdl)

Sumber RSS / Copyright : detik.com