Menikmati Pindang Tetel Kuliner Khas Kota Pekalongan

Kuliner Khas Kota Batik Pekalongan, Taman Lapangan Bebekan Kedungwunti, Pekalongan Jawa Tengah. (foto/Dok- I Gede Yudha)

Lihat Juga:

PEKALONGAN, PJ – Kota Pekalongan semakin dikenal dengan kreativitas batik dan pesona alamnya yang indah. Selain itu, Kota Pekalongan juga menyimpan kuliner khasnya yang mengugah selera. Kuliner itu adalah Pindang Tetel yang dapat ditemui di Taman Lapangan Bebekan Kedungwunti, Pekalongan Jawa Tengah.

“Meskipun bernama Pindang Tetel, kuliner ini lebih mirip rawon,” ujar I Gede Yudha pada porosjakarta.com melaui pesan singkatnya, Rabu (28/6/2017).

Gede mengatakan, Pindang tetel itu sendiri adalah kuliner khas dari desa Ambokembang, Kedungwunti, Pekalongan, Jawa Tengah.

“Pindang Tetel ini adalah singkatan dari paling enak daging tetel,” jelasnya.

Pindang Tetel (foto/Dok-Gede)

Menurutnya, dalam penyajian Pindang Tetel biasanya dilengkapi dengan kerupuk pasir berwarna putih dan pink, yang biasa dikenal oleh masyarakat Pekalongan dengan sebutan kerupuk usek.

“Selain itu, bisa ditambahi juga dengan nasi atau lontong. Kerupuk usek dimasukan kedalam mangkok, kemudian disiram dengan kuah Pindang Tetel lengkap dengan tetelannya,” tandasnya. []

Copyright : porosjakarta.com