Menko Darmin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,1% di Kuartal I-2017

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat 5 Mei 2017 akan mengumumkan capaian angka pertumbuhan ekonomi untuk kuartal I-2017. Sejalan dengan situasi dan kondisi ekonomi yang masih dihantui ketidakpastian, ekonomi Indonesia diharapkan tetap tumbuh positif dan tinggi sesuai harapan.

Menjelang rilis BPS, Menko Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan tiga bulan pertama di tahun ini pertumbuhan ekonomi nasional bisa tembus di level 5,1 persen. “Saya masih cenderung begitu. Biasanya pakai kisaran antara 5,0-5,1 persen,” kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis malam 4 Mei 2017.

Ia menjelaskan, motor penggerak pertumbuhan kali ini adalah pertumbuhan ekspor-impor. Kondisi itu mulai merangkaknya harga beberapa komoditas, utamanya kelapa sawit (CPO) dan karet membawa keuntungan dan juga tambahan penghasilan.

“Ekspor-impor juga sekaligus memengaruhi penghasilan banyak orang. Karena dalam ekspor-impor memang naik harga beberapa komoditi seperti karet dan kelapa sawit,” ujar dia.

Menurutnya tambahan penghasilan tersebut mendorong kinerha konsumsi rumah tangga atau daya beli masyarakat lebih tinggi. Dia meyakini konsumsi rumah tangga akan tumbuh di atas lima persen pada kuartal pertama di 2017.

“Sepertinya sekarang agak lebih tinggi karena ekapornya naik harganya terutama kelapa sawit,” kata mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, seraya menambahkan kembalinya masa panen di kuartal satu memberi pengaruh untuk pertumbuhan ekonomi Januari-Mei.

(ABD)

Copyright : metrotvnews.com