Miniatur Tugu Yogyakarta bakal Dibuat di Bandara Baru di Kulonprogo

Kendaraan melintasi Tugu Yogyakarta, salah satu ikon pariwisata di Kota Yogyakarta, Ant – Noveradika

Metrotvnews.com Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berencana menghadirkan miniatur Tugu Pal Putih (tugu Yogyakarta) di bandara baru yang berlokasi di Temon, Kulonprogo, DIY.  Pemkab juga berencana menghadirkan suasana kawasan Malioboro di sekitar bandara.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Sekretariat Daerah Kulonprogo, Triyono mengatakan kehadiran miniatur tugu dan Malioboro Tugu untuk memberi kesan tersendiri pada pengunjung. Saat mendarat, pengunjung dapat langsung merasakan suasana Yogyakarta.

“Kami ingin saat penumpang turun dari pesawat dan masuk ke dalam bandara ia sudah merasakan nuansa Yogyakarta tanpa perlu ada tulisan Yogyakarta,” ujar Triyono saat acara buka puasa bersama wartawan DPRD di rumah dinas Bupati Kulonprogo, Jumat malam 2 Juni 2017.

Nantinya lorong jalan penghubung antargerbang disulap menjadi area yang bernuansa seperti Malioboro. Ada pula di sisi lorong lainnya akan dipasang dengan hiasan dinding, motif,ukiran atau arsitektur bernuansa Jawa.

Kepala Bappeda Kulon Progo Agus Langgeng Basuki menjelaskan Pemkab juga berencana untuk membuka gerai  makanan khas Yogyakarta seperti bakpia dan bakmi jowo. Pemkab akan memberi kesempatan para UMKM berjualan makanan khas Yogyakarta dlm gerai tersebut.

“Saat penyusunan desain bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) kami sudah usulkan ke Angkasa Pura 1 untuk membuat semacam miniatur Tugu Yogyakarta dan daerah di Malioboro,” ujar langgeng.

Namun keputusan akhir berada di tangan Angkasa Pura 1 sebagai pembangun dan pengelola bandara NYIA. Pemkab Kulonprogo berharap AP 1 bisa merealisasikan usulan tersebut untuk memberikan ciri khas bandara NYIA dengan berbeda dengan bandara lainnya.

(RRN)

Copyright : metrotvnews.com