NasDem nilai Hasyim Muzadi jadi inspirasi jaga NKRI

Jakarta (ANTARA News) – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (DPP NasDem) Effendy Choirie menyebutkan tokoh agama almarhum Hasyim Muzadi telah menjadi inspirasi guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Perjuangan beliau untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia dalam menjaga NKRI dari ancaman radikalisme sudah jadi inspirasi,” kata Effendy melalui keterangan persnya di Jakarta Sabtu.

Effendy mewakili Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengunjungi Pondok Pesantren Al Hikam milik Hasyim Muzadi di Kabupaten Malang Jawa Timur dalam rangka safari ramadhan.

Pria yang akrab Gus Choi itu menyebutkan Hasyim sebagai sosok humoris yang memiliki pesan mendalam dan filosofis.

Hasyim menurut Effendy lebih paham mengenai restorasi yang menjadi jargon politik kebangsaan Partai NasDem.

Bupati Malang yang menjabat Ketua DPW NasDem Jawa Timur Rendra Kresna menyatakan pesan Hasyim untuk menjaga NKRI akan menjadi semangat partai NasDem.

“Beliau memberikan pencerahan, nasehat dan banyak hal positif terutama menjaga NKRI,” ujar Rendra.

Istri Hasyim, Muthamimah menyambut baik kunjungan jajaran pengurus DPP dan DPW Jatim NasDem yang tetap menjaga silaturahmi meskipun Hasyim telah meninggal dunia.

Muthamimah mengungkapkan Hasyim kerap membawa misi anti radikalisme dan mengedepankan paham nasionalis dan pluralis antarumat beragama di Indonesia seperti Gus Dur.

Saat ini Pondok Pesantren Al Hikam dikelola anak dan menantu Hasyim dengan menggratiskan biaya para santri sejak enam tahun berdiri.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Copyright : antaranews.com